Text
Penerapan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Air Mineral Dalam Kemasan HK Pamekasan
Kata kuci: Strategi Pemasaran, dan Penjualan
Strategi pemasaran memiliki peranan yang sangat penting untuk keberhasilan
usaha perusahaan pada umumnya dan bidang pemasaran khususnya. Disamping
itu strategi pemasaran yang ditetapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai
perkembangan pasar tersebut. Dengan demikian, strategi pemasaran harus dapat
memberi gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang akan dilakukan
perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan atau peluang pada beberapa
pasar sasaran. Sehingga strategi pemasaran dianggap sebagai suatu strategi paling
penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan dalam meningkatkan jumlah
pelanggan dari penjualan yang mereka miliki, hal ini juga dilakukan oleh
perusahaan CV. Tiara Abadi yaitu sebuah perusahaan yang memproduksi air
minum dalam kemasan. CV. Tiara Abadi merupakan perusahaan yang bergerak
dibidang indusrti yang memproduksi air mineral dalam kemasan yang bernama
“HK” yang berada di kabupaten Pamekasan, tepatnya di jl. Raya Cenlecen
kecamatan Pakong.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian utama
dalam penelitian ini, yaitu, pertama, Bagaimana strategi pemasaran yang
digunakan air mineral dalam kemasan HK Pamekasan. Kedua, Bagaimana
implementasi strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan air mineral
dalam kemasan HK Pamekasan.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian kualitatif
deskriptif, yaitu teknik pengumpulan datanya dengan memahami fonomena yang
dialami oleh subjek penelitian kemudian dideskripsikan dalam bentuk naratif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama strategi pemasaran Air
Mineral Dalam Kemasan HK Pamekasan yaitu menggunakan bauran pemasaran
(produk, harga, tempat, dan promosi). Kedua Implementasi strategi pemasaran
dalam meningkatkan penjualan Air Mineral Dalam Kemasan HK Pamekasan
bahwa strategi yang digunakan adalah produk yang dilihat dari kualitas dan rasa
nya, harga yang relatif murah dan terjangkau, dan promosi yang menggunakan
pemasaran langsung ke berbagai toko (personal selling), mulut ke mulut (word of
mouth) dan juga via telepon (tele marketing), yang tentunya didukung juga
dengan infrastruktur-infrastruktur yang mampu menjalankan sistem operasional
dengan baik dan lancar, sehingga dari sinilah mampu meningkatkan terhadap
penjualan air mineral dalam kemasan HK Pamekasan
Tidak tersedia versi lain