Text
Strategi Pemasaran Produk Nibra’s Dalam Meningkatkan Penjualan Di Nibra’s House Pamekasan
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk, Peningkatan Penjualan
Strategi pemasaran merupakan wujud dari suatu rencana yang telah
ditetapkan oleh perusahaan untuk dapat mencapai tujuan atau sasaran yang
diinginkan. Strategi pemasaran dilakukan apabila perusahaan ingin
mempertahankan dan meningkatkan penjualan produknya yang telah mereka
produksi, sehingga strategi pemasaran dilakukan oleh Nibra’s House Pamekasan
untuk dapat meningkatkan penjualan produknya. Berdasarkan hal tersebut maka
ada dua permasalah yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu:
pertama, bagaimana penerapan strategi pemasaran produk Nibra’s dalam
meningkatkan penjualan di Nibra’s House Pamekasan; kedua, bagaimana strategi
pemasaran produk Nibra’s dalam meningkatkan penjualan di Nibra’s House
Pamekasan dalam perspektif ekonomi syariah.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis
penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi
dan dokumentasi. Informannya adalah owner, direktur, karyawan dan pembeli
Nibra’s House Pamekasan, sedangkan pengecekan keabsahan data melalui
perpanjangan pengamatan dan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa,
pertama, strategi pemasaran Nibra’s House Pamekasan dalam meningkatkan
penjualannya adalah dengan menerapkan strategi segmentasi, targeting,
positioning dan bauran pemasaran 4P (product, price, place, promotion).
Segmentasinya adalah seluruh kalangan muslim yang dibedakan berdasarkan
kebutuhan, krakteristik dan usia, targetingnya adalah para wanita muslimah dari
kalangan menengah ke bawah sampai menengah ke atas, positioningnya adalah
dengan memperkenalkan produknya terlebih dahulu kemudian outletnya. Bauran
pemasaran yang diterapkan adalah produk yang ditawarkan memiliki kualitas yang
baik, harganya terjangkau sesuai dengan kualitas barang dan standar pasar,
tempatnya strategis dan promosinya melalui media sosial (Facebook, Instagram,
Tiktok dan WhatsApp) dan media cetak (banner dan brosur) serta selalu
memberikan promo atau diskon setiap hari sebesar 10% tanpa persyaratan apapun,
diskon 15%-30% dengan menggunakan kartu member dan diskon sampai 50% bisa
didapatkan ketika ada event tertentu dan sering mengadakan give away serta
pemberian voucher belanja. Kedua, strategi pemasaran yang diterapkan sesuai
dengan kaidah-kaidah ekonomi Islam, dengan mengutamakan sifat jujur agar tidak
ada pihak yang dirugikan dan sesuai dengan karakteristik pemasaran syariah yaitu
teistis (rabbaniyyah), etis (akhlaqiyyah), realistis (al-waqi’iyyah) dan humanistis
(al-insaniyyah)
Tidak tersedia versi lain