Text
Penggunan Media Film Animasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa XI SMA Negeri 5 Pamekasan
Kata Kunci: Media Film Animasi, Keterampilan Berbicara.
Keterampilan berbicara merupakan seni kebahasaan yang penting dikuasi oleh para
pelajar khususnya siswa dan mahasiswa. Namun fenomena yang terjadi keterampilan
berbicara tidak bisa dipelajari dengan gampang. Keterampilan berbicara perlu di asah
dengan berbagai variasi metode. Salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran
yang tepat, model pembelajaran yang tepat, sehingga keterampilan berbicara itu bisa
tersentuh dan terlatih. Namun masih banyak fenomena terjadi dalam meningkatkan
keterampilan berbicara dibangku sekolah SMAN kurang tepat menggunakan media
pembelajarannya. Dengan begitu maka salah satu sekolah upaya untuk meningkatkan
keterampilan berbicara siswa menggunakan media film animasi. Dengan menggunakan
media ini guru berharap kemampuan berbicara siswa meningkat.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana proses penggunaan media film animasi
untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5
pamekasan. Kedua, Bagaimana hasil penggunaan media film animasi untuk meningkatkan
keterampilan berbicara siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Pamekasan.
Tujuan dalam penelitian ini ialah yang pertama, mendeskripsikan langkah-langkah
atau proses pembelajaran penggunaan media film animasi untuk meningkatkan
keterampilan berbicara siswa. Kedua, mendeskripsikan hasil penggunaan media film
animasi untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan
deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui
beberapa prosedur yaitu teknik simak bebas libat cakap (SBLC) diantaranya teknik
observasi, teknik wawancara dan dokumentasi. Sedangkan sumber data penelitian ini yaitu
sesi wawancara dengan Guru Bahasa Indonesia dan Siswa-siswi XI IPA 1 SMA Negeri 5
Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya yaitu melalui perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan, uraian rinci dan triangulasi. Informasi dalam
penelitian ini adalah Guru-guru Bahasa Indonesia dan Siswa-siswi SMA Negeri 5
Pamekasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, langkah-langkah atau proses
pembelajaran penggunaan media film animasi untuk meningkatkan keterampilan berbicara
siswa. Kedua, pada penggunaan media film animasi ini menghasilkan keterampilan
menyimak serta keterampilan berbicara siswa meningkat.
Tidak tersedia versi lain