Text
Penerapan Teknik Scaffolding Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X Jurusan Tata Busana di SMKN 3 Pamekasan
Kata Kunci: Teknik Scaffolding, Dalam Pembelajaran Menulis Puisi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan teknik scafolding yang
digunakan oleh guru dalam pembelajaran menulis puisi, karena penerapan ini
salah satu cara agar dapat mengetahui kesulitan-kesulitan siswa yang dihadapi
ketika proses pembelajaran. Tentunya dalam penerapan teknik ini salah satu
pembelajaran yang dapat digunakan agar proses pembelajaran menjadi lebih
bermakna dan mampu mengatasi kesulitan siswa dengan konsep pemberian
bantuan yang berupa motivasi, dorongan dan arahan dalam pembelajaran maupun
saat menyelesaikan tugas.
Fokus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, 1) bagaimana guru
menerapkan teknik scaffolding dalam pembelajaran menulis puisi di SMKN 3
Pamekasan, 2) bagaimana faktor penghambat dan pendukung guru menerapkan
teknik scaffolding dalam pembelajaran menulis puisi di SMKN 3 Pamekasan, dan
3) bagaimana solusi guru untuk mengatasi faktor penghambat dalam penerapan
teknik Scaffolding.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif, kajian dalam penelitian ini adalah, teknik scaffolding dalam
pembelajaran menulis puisi di SMKN 3 Pamekasan, khususnya di kelas X jurusan
tata busana. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek
penelitian ini di tujukan kepada guru dan siswa.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) guru menerapkan teknik
scaffolding dengan motivasi, dorongan, dan petunjuk yang dapat meningkatkan
motivasi siswa dalam menyelesaikan tugas dan melatih siswa untuk melibatkan
kesadaran berpikirnya, 2) adapun faktor penghambat ketika guru tidak dapat
mengkondisikan kelas dan siswa berbagai macam karakter yang harus guru
pahami kesulitan pembelajaran yang siswa hadapi. Sedangkan faktor pendukung
sendiri dari media pembelajaran atau sarana itu sangat mendukung sekali pada
kegiatan pembelajaran salah satunya teknik scaffolding, 3) Solusi guru untuk
mengatasi penghambat tersebut guru yang di tuntut untuk kreatif agar siswa
menjadi aktif dalam meyelesaikan pembelajaran dan kondisi kelas dapat kondusif
selama pembelajaran berlangsung
Tidak tersedia versi lain