Text
Implementasi Pengembangan Soft Skill Peserta Didik Melalui Program Tahfidz Qur’an Di MAN 2 Pamekasan
Kata kunci: Pengembangan Soft Skill Peserta Didik, Program Tahfidz Qur’an
Pengembangan soft skill peserta didik merupakan upaya yang dilakukan
untuk menciptakan peserta didik yang berkualitas dengan cara
mengimplementasikan program tertentu dengan harapan akan mencapai hasil yang
maksimal. Program tahfidz Qur’an merupakan program yang telah direncanakan
secara terstruktur untuk dapat mengembangkan soft skill. Berdasarkan hal tersebut,
maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu:
pertama, bagaimana pelaksanaan pengembangan soft skill peserta didik melalui
program tahfid Qur’an di MAN 2 Pamekasan. Kedua, faktor apa saja yang
mempengaruhi pengembangan soft skill peserta didik melalui program tahfidz
qur’an di MAN 2 Pamekasan. Ketiga, bagaimana hasil dari pengembangan soft skill
peserta didik melalui program tahfidz qur’an di MAN 2 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui observasi (non partisipan), wawancara (semi
terstruktur) dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah,
waka kesiswaan, guru/pembina tahfidz dan peserta didik MAN 2 Pamekasan.
Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui keikutsertaan peneliti,
triangulasi dengan ketekunan peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Program ini dilaksanakan
dua kali dalam satu minggu dengan pembelajaran peserta didik dapat melakukan
ziyadah (menambah hafalan) dan murojaah (mengulang hafalan). Kedua, Faktor
pendukung dalam program ini yaitu: madrasah memiliki sarana dan prasarana yang
lengkap untuk menunjang pelaksanaan program seperti, masjid dan asrama dan
program tahfidz ini dijadikan kelas khusus sehingga pembinaannya menjadi lebih
mudah. Adapun faktor penghambat dalam program ini yaitu, kurangnya sumber
daya manusia maupun tenaga pendidik yang lebih berkompeten di bidang tahfidz.
Ketiga, hasil dari penerapan program ini yaitu, peserta didik dapat mempunyai
hafalan yang lebih banyak dari sebelumnya dan peserta didik dapat mempunyai
karakter. Sehingga penerapa program ini dapat dikatakan berhasil.
Tidak tersedia versi lain