Text
Penerapan Metode Diskusi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Siswa Kelas IX MTs Mambaul Ulum Kamuning Sampang
Kata Kunci: Metode Diskusi, Bahasa Indonesia
Penelitian ini mengkaji tentang penerapan metode diskusi pada pembelajaran bahasa
indonesia bagi siswa kelas IX MTs mambaul ulum kamuning sampang yang saat ini penting
bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode diskusi pada
pembelajaran bahasa indonesia bagi siswa kelas IX MTs mambaul ulum kamuning sampang.
adapun penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian yang menjadi pembahasan pokok sebagai
berikut: Pertama, bagaimana penerapan metode diskusi pada pembelajaran bahasa indonesia
bagi siswa kelas IX MTs mambaul ulum kamuning sampang?. Kedua, bagaimana kelebihan
dan kekurangan metode diskusi pada pembelajaran bahasa indonesia bagi siswa kelas IX
MTs mambaul ulum kamuning sampang?. Ketiga, bagaimana mengatasi hambatan metode
diskusi pada pembelajaran bahasa indonesia bagi siswa kelas IX MTs mambaul ulum
kamuning sampang?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif
deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara tidak terstruktur, observasi, dan
dokumentasi. Yang menjadi informan adalah guru bahasa indonesia dan lima siswa.
Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari penerapan metode diskusi ini sangat
membantu siswa dalam melatih keterampilan berbicaranya, baik di dalam kelas maupun di
luar kelas. Dari hasil penelitian bahwasannya penerapan motode diskusi pada pembelajaran
bahasa indonesia yaitu guru menjelaskan terlebih dahulu tentang apa yang akan dibahas 5-10
menit lalu dibuat kelompok, setelah membentuk kelompok, setiap kelompok diberikan waktu
untuk menjelaskan pemahamannya masing-masing. Kelebihan memberikan pemahaman pada
siswa bahwa masalah dapat dipecahkan dengan berbagai jalan dan memberikan pemahaman
pada siswa bahwa dengan berdiskusi mereka dapat saling mengemukakan pendapat secara
konstruktif sehingga diperoleh keputusan yang lebih baik. Kekurangan dari metode diskusi
adalah kurangnya kesadaran siswa tentang pentingnya belajar, sehingga saat pelaksanaan
diskusi siswa tersebut hanya berdiam diri tanpa ikut berkontribusi saat diskusi. Hal ini sangat
berpengaruh besar terhadap prestasi siswa. Solusi dari kekurangan metode diskusi ini adalah
guru harus sebisa mungkin memanfaatkan fasilitas yang ada guna menunjang semangat
siswa. Selanjutnya guru harus memberikan motivasi kepada siswa tentang pentingnya
pendidikan, baik dari usia dini sampai tua nanti. Agar siswa kedepannya bisa bersemangat
kembali dalam belajar.
Tidak tersedia versi lain