Text
Penerapan metode time token dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP Miftahul Athfal Kedungdung Sampang
Kata Kunci: Penerapan metode time token, kemampuan berbicara
Keterampilan berbicara merupakan potensi dalam mengucapkan bunyi – bunyi untuk
menyampaikan sebuah argumentasi di khalayak umum. Metode time token merupakan
pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbicara secara
keseluruhan. Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini.
Pertama bagaimana penerapan metode time token pada pembelajaran Bahasa Indonesia guna
meningkatkan kemampuan berbicara siswa di kelas VII SMP Miftahul Athfal Kedungdung
Sampang? Kedua bagaimana kelebihan dan kekurangan metode Time Token pada siswa
kelas VII SMP Miftahul Athfal Kedungdung Sampang? Ketiga bagaimana cara mengatasi
kekurangan pada penerapan metode Time Token pada siswakelas VII SMP Miftahul Athfal
KedungdungSampang?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber
data yang diperoleh melalui wawancara dengan siswa kelas VII, dan sumber data yang
selanjutnyta adalah observasi, dan dokumentasi, informannya adalah kepala sekolah, guru
Bahasa Indonesia dan guru lainnya. Data yang diperoleh dirumuskan dalam bentuk transkrip
wawancara dan catatan pengamatan lapangan, yang ada di SMP Miftahul Athfal
Kedungdung Sampang. Tujuan dari adanya penelitian dengan judul “ Penerapan metode
time token dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada pembelajaran bahasa Indonesia
kelas VII SMP Miftahul Kedungdung Sampang” adalah: 1) untuk meningkatkan
kemampuan berbicara siswa pada pelajaran bahasa Indonesia. 2) untuk mengetahui
kelebihan dan kekurangan dari penerapan model pembelajaran time token. 3) untuk
mendeskripsikan solusi dari kekurangan metode time token.
Hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti, pertama, penerapan metode time
token yang diterapkan di SMP Miftahul Athfal sangat membantu siswa dalam melatih
keterampilan berbicaranya. Kedua, kelebihan dari penerapan metode ini adalah, siswa lebih
giat dalam belajar, percaya diri, disiplin dalam berbicara. Sedangkan kekurangan dari
metode time token ini adalah, adanya siswa yang masih malas untuk belajar, sehingga
menjadi penghambat dari keterampilan berbicara siswa, dan adanya siswa yang jarang
masuk sekolah. Sehingga guru harus memperhatikan hal ini, dan mencari solusi supaya
penerapan metode ini bisa berjalan dengan semaksimal mungkin
Tidak tersedia versi lain