Text
Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatka Kinerja Tenaga Kependidikan di MA Az-Zubair Tlanakan Pamekasan
Kata Kunci: Supervisi, Kepala Madrasah, Kinerja Tenaga Kependidikan.
Penelitian ini berawal dari ketertarikan dari peneliti untuk mengetahui
supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja
tenaga kependidikan. Selain itu peneliti telah melakukan kegiatan PPL di sana dan
melihat langsung berbagai macam kegiatan supervisi yang diterapkan oleh kepala
madrasah di MA Az-Zubair Tlanakan Pamekasan ini. Penelitian ini bertujuan
mengetahui bagaimana pelaksanaan supervisi kepada tenaga kependidikan yang
dilakukan oleh kepala madrasah.
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini
yang pertama yaitu bagaimana pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam
meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di MA Az-Zubair Tlanakan
Pamekasan, yang kedua yaitu faktor apa saja yang mendukung dan menghambat
pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga
kependidikan di MA Az-Zubair Tlanakan Pamekasan, dan yang ketiga yaitu
bagaimana dampak atau implikasi supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan
kinerja tenaga kependidikan di MA Az-Zubair Tlanakan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan
jenis deskriptif, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara semi
terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi dengan narasumber kepala
madrasah, kepala TU, komite madrasah, guru dan siswa.
Hasil penelitian di MA Az-Zubair Tlanakan Pamekasan tentang supervisi yang
dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan
diawali dengan pemrograman oleh kepala madrasah. Kepala madrasah MA AzZubair Tlanakan Pamekasan dalam melaksanakan supervisi dilakukan dengan
berbagai kegiatan seperti pengawasan langsung ke ruangan dan pengawasan tidak
langsung melalui kamera CCTV. Selain itu juga mengadakan diklat, rapat bulanan
dan juga pemberian arahan secara individu. Hambatan dalam pelaksanaan
supervisi yaitu sumber daya manusia yang gagap teknologi dan kurangnya
kedisiplinan, sementara faktor pendukungnya yaitu persiapan yang matang oleh
kepala madrasah dan kesiapan dari tenaga kependidikan. Kegiatan supervisi
dilakukan setiap semester dan waktu yang dibutuhkan tidak menentu karena
secara berkelanjutan. Upaya yang dilakukan untuk hasil supervisi yang baik yaitu
dengan mempersiapkan dengan matang dan ada pemberitahuan serta diterapkan
pemberian reward atau tunjangan agar semakin semangat. Hasilnya, tenaga
kependidikan di MA Az-Zubair semakin disiplin dan aktif dalam melakukan
tugasnya yang menandakan adanya indikator perbaikan meskipun secara bertahap
sedikit demi sedikit. Adanya supervisi di respons dengan baik oleh tenaga
kependidikan karena dapat meningkatkan kualitas baik secara individu maupun
secara keseluruhan
Tidak tersedia versi lain