Text
Penerapan Metode Diskusi Dalam Keterampilan Berpidato Pada Siswa Kelas XI SMA Nurul-Yaqin Lenteng Sumenep
Kata kunci : Metode Diskusi, Keterampilan Berpidato
Metode diskusi merupakan salah satu cara mendidik yang berupaya memecahkan
masalah yang di hadapai dan metode diskusi ini melatih peserta didik mengembangkan
keterampilan bertanya, berkomunikasi, menafsirkan dan menyimpulkan bahasa. Adapun
keterampilan berpidato merupakan berbicara di depan banyak orang atau public dan siswa
harus memiliki kemauan dalam pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi. Ada tiga
permasalahan yang menjadi kajian pokok pada penelitian ini, yaitu: pertama,bagaimana
penerapan metode diskusi dalam keterampilan berpidato pada siswa kelas XI SMA NurulYaqin Lenteng Sumenep .;kedua, bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat dalam
penerapan metode diskusi keterampilan berpidato pada siswa kelas XI SMA Nurul-Yaqin
Lenteng Sumenep ;ketiga,bagaimana solusi dari hambatan penerapan metode diskusi dalam
keterampilan berpidato pada siswa kelas XI SMA Nurul-Yaqin Lenteng Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber
data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, informannya adalah :
Guru Bahasa Indonesia dan Siswa. Data yang diperoleh dirumuskan dalam bentuk transkrip
wawancara dan catatan pengamatan lapangan, yakni, Guru Bahasa Indonesia dan Siswa
Kelas XI yang ada di SMA Nurul-Yaqin Lenteng Sumenep.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan Guru dalam metode
diskusi keterampilan berpidato siswa kelas XI SMA Nurul Yaqin Lenteng Sumenep siswa
belajar secara berkelompok dan saling bertukar fikiran dan siswa diberikan kesempatan untuk
mempresentasikan ke depan. Kedua,faktor pendukung dan faktor penghambat yaitu faktor
pendukung; minat belajar berupa pembelajaran media audio visual dan peraturan dalam
berdiskusi Siswa. Faktor Penghambat; faktor yang menghambat yaitu Siswa malas untuk
berdiskusi dan Siswa kaku dalam Berbahasa Indonesia ketika mempresentasikan di depan
umum ketiga, solusi dari faktor penghambat yaitu yang pertama, sebelum memulai
pembelajaran Guru memberikan motivasi dan arahan mengenai metode diskusi dalam
keterampilan berpidato agar Siswa tertarik dan lebih semangat lagi belajar. yang kedua yaitu
agar Siswa lebih efektif dan lancar berbicara di depan umum Guru membiasakan dan
menekankan siswa untuk berbicara Bahasa Indonesia di kelas supaya Siswa tidak kaku
ketika mempresentasikan ke depan public .
Tidak tersedia versi lain