Text
Strategi Mengajar dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Siswa Kelas X MA di Yayasan Pendidikan Islam Al-Kautsar Talagah Blumbungan Larangan Pamekasan
Kata Kunci: Strategi, mengajar, teks anekdot
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan
peneliti pada siswa kelas X MA di Yayasan Pendidikan Islam Al-kautsar Talagah
Blumbungan Larangan Pamekasan khususnya dalam pembelajaran teks anekdot yang
merupakan materi baru dan baru diajarkan pada kurikulum 2013. Peneliti melihat ada
masalah dalam proses pembelajarannya. Sebagian siswa masih belum memahami
struktur teks anekdot dengan baik, minimnya kosa kata yang dikuasai, media yang
tidak memadai, siswa juga sering merasa jenuh dan mengantuk saat jam pelajaran
berlangsung terutama pada jam-jam terakhir. Melihat situasi yang demikian,
peneliti tertarik untuk melakukan suatu penelitian agar dapat mengetahui bagaimana
strategi yang di gunakan oleh guru Bahasa Indonesia pada siswa kelas X MA di
Yaspi Al-kautsar Talagah Blumbungan Larangan Pamekasan agar mencapai tujuan
dalam proses belajar mengajar serta faktor pendukung dan penghambat dalam proses
pembelajarannya.
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi acuan kajian penelitian ini, yaitu:
pertama, Bagaimana strategi mengajar dalam pembelajaran menulis teks anekdot
pada siswa kelas X MA di Yaspi Al-Kautsar Talagah Blumbungan; kedua, Apa saja
faktor-faktor yang mendukung terhadap pembelajaran menulis teks anekdot pada
siswa kelas X MA di Yaspi Al-Kautsar Talagah Blumbungan; ketiga, Apa saja faktorfaktor yang menghambat terhadap pembelajaran menulis teks anekdot pada siswa
kelas X MA di Yaspi Al-Kautsar Talagah Blumbungan Larangan Pamekasan.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang
digunakan oleh peneliti diantaranya wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan. Lalu dalam proses pengecekan keabsahan data hasil penelitian melalui
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dalam proses pengamatan, dan terakhir
melalui triangulasi.
Tidak tersedia versi lain