Text
Pengaruh Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Hasi Belajar Lintas Minat Geografi Siswa Kelas XII MIPA 4 SMAN 4 Pamekasan
KataKunci : Pola Asuh Orang Tua, Hasil Belajar, Lintas Minat
Untuk mengetahui tercapainya keberhasilan seorang anak bisa dilihat dari
keberhasilan anak tersebut di sekolah, selain itu keberhasilan anak juga bisa
dilihat dari bagaimana orang tua dapat mengajarkan nilai kebajikan kepada anak
tersebut. Hal tersebut tentu saja bergantung pada bagaimana pola asuh yang
diterapkan orang tua tersebut kepada anaknya. Pola asuh merupakan salah satu
cara yang tepat yang bisa ditempuh orang tua dalam mendidik anak sebagai
perwujudan dari rasa tanggung jawab kepada anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan fakta yang terjadi
dilapangan perihal ada atau tidaknya pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil
belajar lintas minat geografi pada siswa kelas XII MIPA 4 SMAN 4 Pamekasan.
Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Pamekasan pada bulan Januari – Februari
2022. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 4 yang berjumlah 33
orang. Dalam menentukan jumlah sampel, peneliti menggunakan seluruh objek
penelitan sebaagai sampel dalam penelitian ini. Data tentang pola asuh orang tua
diperoleh berdasarkan angket. Sedangkan untuk hasil belajar diperoleh melalui tes
yang diberikan oleh peneliti kepada responden. Metode analisis data
menggunakan regres linier sederhana.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa : tidak terdapat pengaruh yang
signifikan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa denga
perhitungan thitung -0,926 < ttabel 2,040 dengan nilai signifikansi sebessar 0,361 >
0,005, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak.
Tidak tersedia versi lain