Text
Penerapan Teknik Scanning Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Siswa Kelas VII SMPN 8 Pamekasan
Kata Kunci : Penerapan Teknik Scanning, Keterampilan Membaca.
Bahasa digunakan sebagai alat komunikasi manusia untuk menyampaikan informasi, ide, atau perasaan. Bahasa Indonesia digunakan untuk berkomunikasi yang dapat dilakukan secara lisan dan tulis. Kemampuan berbahasa Indonesia meliputi empat kemampuan yaitu kemampuan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara. Pada kemampuan membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan pembaca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata\bahasa tulis.
Pada zaman sekarang permasalahan yang terjadi pada siswa yaitu keterampilan membaca siswa sangat rendah sehingga dengan teknik scanning ini diharapkan menjadi motivasi dan solusi bagi siswa untuk lebih semangat dalam membaca buku. Dalam kegiatan terdapat beberapa teknik salah satunya yakni teknik scanning yang dalam hal ini membaca dengan kecepatan tinggi dengan tidak mengabaikan pemahaman terhadap bacaan untuk menangkap inti dari suatu bacaan.
Teknik Scanning merupakan teknik penemuan informasi dari bacaan secara cepat dengan cara menyapu halaman demi halaman secara merata, kemudian ketika sampai pada bagian yang dibutuhkan gerakan mata berhenti. Metode resitasi (penugasan) adalah metode penyajian bahan dimana guru memberikan tugas tertentu agar peserta didik melalukan kegiatan belajar.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana penerapan teknik scanning dalam pembelajaran keterampilan membaca pada siswa kelas VII SMPN 8 Pamekasan, Kedua Faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan teknik scanning dalam keterampilan membaca pada siswa kelas VII di SMPN 8 Pamekasan, dan Ketiga. Bagaimana solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan penerapan teknik scanning dalam pembelajaran keterampilan membaca pada siswa kelas VII di SMPN 8 Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain