Text
Penanaman Sikap Kedisiplinan Melalui Proses Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IX SMP Bustanul Ulum Plakpak Pamekasan
Kata Kunci : Sikap, Disiplin, Pembelajaran IPS.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa SMP Bustanul Ulum yang masih
rendah tingkat kedisiplinannnya, hal ini dibuktikan dengan masih adanya siswa
yang terlamabat datang ke sekolah, tidak memakai sepatu, tidak mengerjakan
tugas, bolos saat jam pelajaran, dan merokok.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana kondisi sikap kedisiplinan
siswa kelas IX SMP Bustanul Ulum Plakpak Pamekasan; kedua, Bagaimana
Penanaman Sikap Kedisiplinan Melalui Proses Pembelajaran IPS pada siswa kelas
IX SMP Bustanul Ulum Plakpak Pamekasan; ketiga, apa saja kendala guru IPS
dalam menanamkan sikap kedisiplinan pada siswa kelas IX SMP Bustanul Ulum
Plakpak Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
fenomenologi. Adapun sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
juga dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap
menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti kepala sekolah serta guru IPS
di SMP Bustanul Ulum Plakpak Pamekasan. Sedangkan untuk pengecekan
keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, peningkatan
ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Kondisi sikap kedisiplinan
siswa kelas IX SMP Bustanul Ulum tergolong baik, dibuktikan dengan beberapa
siswa di kelas IX yang sudah menerapkan perilaku disiplin seperti datang ke
sekolah dan mengumpulkan tugas tepat waktu, mematuhi peraturan sekolah. (2)
Beberapa upaya yang dilakukan oleh guru IPS dalam penanaman sikap disiplin
siswa diantaranya guru senantiasa menggunakan pendekatan konseptual dan
bermakna dalam pembelajaran IPS, guru IPS juga melakukan pembiasaan
berperilaku disiplin untuk menjadi teladan bagi siswa, seperti halnya melakukan
kegiatan absensi dan mengecek kerapian serta kelengkapan atribut sekolah siswa.
(3) Kendala guru IPS dalam menanamkan sikap kedisiplinan yaitu terdapat
beberapa siswa yang tidak mendengarkan penjelasan guru, kondisi kelas yang
tidak kondusif, serta kemampuan siswa yang beragam menjadi kendala
Tidak tersedia versi lain