Text
Analisis Implementasi Model Pembelajaran Problem Posing Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP 1 Muhammadiyah Pamekasan
Kata Kunci:Model Pembelajaran,Problem Posing,IPS.
Guna menunjang kesuksesan kegiatan pembelajaran yang dilakukan, pendidik dalam
suatu lembaga pendidikan senantiasa mempersiapkan segala hal yang berkenaan dengan
kegiatan pembelajaran salah satunya yakni penggunaan model pembelajaran. Melalui
penggunaan suatu model pembelajaran tertentu, guru dapat mentransfer ilmu pengetahuan
kepada siswa dengan mudah serta lebih menjamin kesuksesan pembelajaran, hal ini secara
tidak langsung dapat meningkatkan antusias belajar siswa salah satunya dengan menggunakan
model model problem posing pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua
permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini,yaitu: pertama, bagaimana
implementasi model pembelajaran problem posing pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP
Muhammadiyah Pamekasan; kedua, apa saja faktor pendukung dan kendala guru dalam
implementasi Model Pembelajaran Problem Posing pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII di SMP
Muhammadiyah Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Adapun sumber data diperoleh melalui wawancara,observasi, dan juga dokumentasi.
Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh
peneliti,seperti Kepala Sekolah serta Guru IPS di SMP Muhammadiyah Pamekasan. Sedangkan
untuk pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, peningkatan
ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Model problem posing sangat penting untuk
diterapkan dalam mata pelajaran IPS, karena dengan penerapan model problem posing
menjadikan siswa semakin aktif di dalam kelas, kemampuan siswa dalam menyusun soal baik
secara mandiri maupun secara berkelompok juga semakin meningkat, hal ini membuat
pemahaman siswa yang berkaitan dengan materi pelajaran juga akan semakin maksimal, hingga
nantinya siswa dapat menuntaskan materi pelajaran sesuai dengan indikator pembelajaran yang
telah ditentukan, maka di SMP Muhammadiyah Pamekasan khususnya di kelas VIII mata
pelajaran IPS guru yang bersangkutan menggunakan model pembelajaran problem posing,
untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam menyusun soal atau pertanyaan. (2) Faktor
Pendukung implementasi model posing diantaranya model problem posing mudah diterapkan
dalam proses pembelajaran, solidaritas antar siswa kelas VIII meningkat. Adapun kendala
implementasi model problem posing diantaranya kondisi kelas yang kurang
kondusif,keberagaman kemampuan yang dimiliki oleh siswa, sarana dan prasarana yang
terbatas, memerlukan waktu yang cukup banyak
Tidak tersedia versi lain