Text
Upaya Guru IPS Dalam Menerapkan Strategi Pembelajaran Berorientasi Pada Aktivitas Siswa Kelas VII Di MTs Miftahul Ulum Toronan Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci : Pembelajaran IPS, Strategi Pembelajaran, Aktivitas Siswa
Berhasil atau gagalnya Strategi Pembelajaran itu sangat tergantung pada
proses belajar yang dialami siswa, ketika siswa berada di sekolah tentunya dalam
proses pembelajaran terdapat kesulitan tersendiri yang dialami oleh para siswa.
Oleh karena itu harus ada upaya yang dilakukan guru untuk melaksanakan Strategi
Pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran IPS yang terkesan membosankan.
Salah satu Strategi Pembelajaran yang digunakan oleh guru IPS MTs Miftahul
Ulum Toronan Bara’ Leke yaitu Strategi Pembelajaran Berorientasi Pada Aktivitas
Siswa (PBAS).
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana Upaya Guru IPS Dalam
Menerapkan Strategi Pembelajaran Berorientasi Pada Aktivitas Siswa Kelas VII Di
MTs Miftahul Ulum Toronan Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan
Kabupaten Pamekasan; (2) bagaimana penerapan Strategi Pembelajarab
Berorientasi Aktivitas Siswa di Kelas VII MTs Miftahul Ulum Toronan Bara’ Leke
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, obsevasi, dan
dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, Guru IPS, siswa dan yang
bersifat non manusia seperti RPP, dan dokumen-dokumen yang terkait. Untuk
analisis data menggunakan tiga teknik yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan
perpanjang pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Upaya Guru IPS IPS dalam
menerapkan Strategi Pembelajaran berorientasi Aktivitas Siswa adalah dengan
menyusun perencanaan pembelajara, Membuat skenario pembelajaran berdasarkan
langkah langkah pembelajaran, membentuk siswa menjadi beberapa kelompok,
menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan, menyediakan media
pembelajaran dengan melibatkan siswa. (2) Penerapan Strategi Pembelajarab
Berorientasi Aktivitas Siswa di Kelas VII MTs Miftahul Ulum Toronan Bara’ Leke
Pamekasan diterapkan dengan berbagai bentuk kegiatan, seperti guru membuka
kegiatan pembelajaran sebagai langkah awal pra pembelajaran dengan memberikan
motivasi kepada siswa, menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran, Guru
membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang
berhubungan dengan massalah tersebut, siswa bersama-sama, mendengarkan,
berdiskusi, menyusun laporan, dan membuat kesimpulan
Tidak tersedia versi lain