Text
PenerapanMetodeRoundClubPadaMataPelajaranIpsKelas VIIMTsMiftahulKhairCenlecenKecamatanPakongKabupatenPamekasan
KataKunci:Metode,RoudClub,IPS.
Dalam prosespembelajaran,guru pada suatu matapelajaran tertentu pasti
menggunakan metode pembelajaran untuk mempermudah tercapainya tujuan
pembelajaran.Melaluipenggunaansuatumetodepembelajarantertentu,gurudapat
mentransferilmupengetahuankepadasiswadenganmudahsertalebihmenjamin
kesuksesanpembelajaran,keberadaanmetodepembelajarandirasapenting,mengingat
sejauhinimayoritasgurudalam suatupendidikanmasihbanyakyangmenggunakan
metode yang cendrung monoton, tidak efisien dan juga tidak efektifsehingga
dampaknyaberpengaruhpadacapaianbelajaranakdidikyangminim.Olehkarenaitu
guruharussenantiasamelakukaninovasimetodepembelajarangunameningkatkan
antusiasbelajarsiswasalahsatunyadenganmenggunakanmetoderoundclubpada
matapelajaranIPS.Berdasarkanhaltersebut,makaadatigapermasalahanyang
menjadikajianpokokdalam penelitianini,yaitu:pertama,Bagaimanapenerapan
metoderoundclubpadamatapelajaranIPSkelasVIIMTsMiftahulKhairCenlecen
Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan;kedua,Apa saja kendala dan solusi
penerapanmetoderoundclubpadamatapelajaranIPSkelasVIIMTsMiftahulKhair
Cenlecen Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan;ketiga,Bagaimanaimplikasi
penerapanmetoderoundclubpadamatapelajaranIPSkelasVIIMTsMiftahulKhair
CenlecenKecamatanPakongKabupatenPamekasan.
Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisfenomenologi.
Adapunsumberdatadiperolehmelaluiwawancara,observasi,danjugadokumentasi.
Informannyaadalahyangmenurutpenelitidianggapmenguasaibidangyangditelitioleh
peneliti,sepertiKepala Sekolah serta Guru IPS diMTs MiftahulKhairCenlecen
Pamekasan.Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangkeikutsertaan,peningkatanketekunandantriangulasi.Hasilpenelitianyang
diperolehadalah:(1)MetoderoundclubseringdigunakanolehguruIPSyangadadi
MTsMiftahulKhair,penerapanmetoderoundclubmenjadikansiswasemakinkreatif
danaktifmengikutiKBM,adapunpenerapannyadilakukansecaraberkelompok. (2)
Kendalapenggunaanmetoderoundclubdiantaranyaadalahkeberagamankemampuan
siswa,membutuhkanwaktuyangcukuplama,minimnyasaranadanprasarana.Adapun
solusiataskendaladalam penggunaanmetoderoundclubyakniguruharussenantiasa
memberikan motivasi dan telaten menghadapi siswa, kemudian senantiasa
mengoptimalkan ketersediaan sarana dan prasarana, serta guru juga harus
mempersiapkankebutuhansebaikmungkin.(3)Implikasipenggunaanmetoderound
clubbagisiswayakniberpengaruhpadameningkat nyamotivasibelajarsiswaserta
hasilbelajaryangdiperolehsiswapadamatapelajaranIPS
Tidak tersedia versi lain