Text
Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Project Based Learning Pada Pelajaran IPS Kelas VIII C di SMPN 8 Pamekasan
Kata kunci: Minat Belajar, Game Online, Project Based Learning, Pelajaran
IPS
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Sumber data
yang didapatkan peneliti melalui wawancara awal kepada guru bidang studi IPS
dan siswa kelas VIII C, kemudian observasi, dokumentasi, dan hasil tes akhir
siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan project based
learning dapat meningkatkan minat belajar ditandai dengan bagaimana
ketertarikan siswa ketika berada di dalam kelas. Peningkatan ini dikarenakan
adanya perbaikan pada proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan
project based learning. Kemampuan hasil belajar yang meningkat dengan
pendekatan project based learning meliputi kemampuan menjawab soal sesuai
konteks permasalahan, dapat mengungkapkan situasi atau permasalahan dan
mampu menjawab soal IPS aplikasi (situation), kemampuan memfokuskan
pertanyaan dan menemukan konsep yang digunakan untuk menyelesaikan (focus)
kemampuan untuk memberikan kejelasan lebih lanjut baik definisi atau
keterkaitan konsep (clarity). Hal ini juga berdampak pada tiap – tiap aspek
aktifitas siswa yang mengalami peningkatan dari kategori baik menjadi kategori
sangat baik, dan kategori cukup baik menjadi baik. Siswa memberikan respon
positif tehadap pembelajaran menggunakan pendekatan project based learning.
Sebagian besar siswa merasa senang, lebih semangat, lebih mudah menyelesaikan
soal karena membuat siswa berpikir lebih sistematis, dan terperinci dalam
menyelesaikan masalah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode project based
learning untuk meningkatkan kemampuan minat belajar siswa terhadap pelajaran
IPS yang dilakukan di SMPN 8 Pamekasan. Dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa penerapan metode project based learning dapat meningkatkan
kemampuan minat belajar siswa dapat dilihat dari hasil penilaian kelompok yaitu
pada siklus I yaitu 70 dan pada siklus II yaitu 89, sedangkan pada catatan hasil
belajar yang ditunjukkan dari presentasi ketuntasan siswa pada siklus I adalah
65% sedangkan pada siklus II yaitu 96%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa minat belajar siswa pada pelajaran IPS dapat meningkat
melalui metode project based learning
Tidak tersedia versi lain