Text
Penerapan Model Pembelajaran Rally Robbin dan Fan-N-Pick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 8 Pamekasan
Kata Kunci: Model Pembelajaran Rally Robbin, Fan-N-Pick, Hasil Belajar
Peneliti menerapkan model pembelajaran Rally Robbin dan Fan-N-Pick
karena model ini dapat mengembangkan kemampuan kritis siswa, kemampuan
social serta keaktifan siswa, agar nantinya hasil yang diharapkan adalah siswa
mampu memberikan pelajaran yang prima dengan situasi dan kondisi yang
bervariatif. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui penerapan model
pembelajaran Rally Robbin dan Fan-N-Pick dalam pembelajaran IPS di kelas VIII
SMP Negeri 8 Pamekasan, dan 2) untuk mengetahui penerapan model
pembelajaran Rally Robbin dan Fan-N-Pick dapat meningkatkan hasil belajar IPS
siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Pamekasan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan melalui siklus penelitian, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu
tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian
dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek
penelitiannya yaitu siswa kelas VIII SMPN VIII Pamekasan yang berjumlah 27
siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi.Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data
kualitatif yang terdiri: 1) mereduksi data, 2) penyajian data, 3) penyimpulan hasil
analisis.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah diuraikan dapat
disimpulkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran Rally Robbin dan Fan-NPick di kelas VIII SMPN VIII Pamekasan telah terlaksana dengan baik; 2)
penerapan model Rally Robbin dan Fan-N-Pick dapat meningkatkan hasil belajar
siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil tes siswa secara klasikal yang mengalami
peningkatan dari siklus I sebesar 74%, dan siklus II sebesar 92%
Tidak tersedia versi lain