Text
“Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Menggunakan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa IPS Kelas IX di SMPS Islam Darul Ulum II Al-Wahidiyah Gersempal Omben Sampang".
Kata Kunci: Direct Instruction, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS
Masalah yang terjadi di IPS kelas XI A di SMPS Islam Darul Ulum II AlWahidiyah Gersempal Omben Sampang, prestasi belajar yang diperoleh oleh siswa
masih rendah. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran dikelas masih
cenderung berfokus kepada guru yang mengakibatkan siswa menjadi jenuh dalam
melakukan pembelajaran, informasi yang diterima siswa juga menjadi lebih sedikit
dan kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan pola pikir
dan mengolah pelajaran.
Berdasarkan hal tersebut, maka masalah yang dikaji dalam penelitian ini
adalah: Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IX
A SMPS Islam Darul Ulum II Al-Wahidiyah Gersempal Omben Sampang melalui
penerapan model Direct Instruction dengan menggunakan media audio visual.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa
melalui penerapan model direct instruction dengan menggunakan media audio
visual pada mata pelajaran IPS kelas IX di SMPS Islam Darul Ulum II Al-Wahidiyah
Gersempal Omben Sampang.
Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti ini menggunakan jenis penelitian
tindakan kelas (PTK) dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, dokumentasi dan tes. Untuk analisisnya, penulis menggunakan teknin
analisis deskriptif kualitatif. Untuk keabsahan data penulis menggunakan ketekunan
pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Direct Instruction pada mata
pelajaran IPS dengan materi ketergantungan Antar ruang dan pengaruhnya terhadap
kesejahteraan masyarakat bisa meningkatkan hasil belajar khususnya siswa kelas IX
A. Bukti secara kuantitatif dapat diketahui dari hasil penelitian diperoleh nilai belajar
siswa pada saat pre test 37,09, pada siklus I 68,54, dengan presentase ketuntasan
51,62% dan siklus II 79,35 dengan presentase ketuntasan 100% hal ini menunjukkan
bahwa hasil belajar siswa setiap tahapnya terjadi peningkatan. Dari ini dapat dapat
disimpulkan bahwa penerapan Model Direct Instruction bisa meningkatkan hasil
belajar siswa kelas IX A di SMPS Islam Darul Ulum II Al-Wahidiyah Gersempal
Omben Sampang.
Saran peneliti untuk mengujicobakan model Direct Instruction meningkatkan
hasil belajar siswa di jenjang sekolah yang berbeda untuk mengetahui keefektifannya
dalam meningkatkan prestasi belajar siswa
Tidak tersedia versi lain