Text
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dalam Pembelajaran Membaca Cerpen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Pamekasan
Kata Kunci: Think Pair Share, Membaca Cerpen
Think pair share merupakan tipe dari model pembelajaran kooperatif.
Model ini diterapkan dengan 3 cara. Pertama think, merupakan tahap awal yaitu
berfikir. Kedua Pairing, pada tahap ini peserta didik akan disuruh untuk saling
berpasang-pasangan. Ketiga sharing, merupakan tahap yang terakhir dimana guru
akan menyuruh pasangan-pasangan untuk berbagi dengan keseluruhan kelas apa
yang telah mereka bicarakan atau diskusikan.
Ada 3 tujuan dalam penelitian ini, yaitu pertama, Untuk mendeskripsikan
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam pembelajaran
membaca cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Pamekasan. Kedua, Untuk
mendeskripsikan faktor pendukung penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
think pair share dalam pembelajaran membaca cerpen pada siswa kelas X SMA
Negeri 5 Pamekasan. Ketiga, Untuk mendeskripsikan faktor penghambat penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam pembelajaran membaca
cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Lokasi penelitian dilakukan di SMA Negeri 5 Pamekasan. Sumber data dari
penelitian ini berupa data primer dan data sekunder, dimana data primernya berupa
observasi dan wawancara kepada guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X IPS-1
di SMA Negeri 5 pamekasan, sedangkan data sekundernya berupa dokumen dan
catatan lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini,
yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analis data berupa reduksi data
(merangkum), penyajian data, dan conclusion Drawing (penarikan kesimpulan).
Sedangkan pengecekan keabsahan data yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu
perpanjang pengamatan, ketekunan dan triangulasi.
Tidak tersedia versi lain