Text
Penerapan Metode Role Playing dalam pembelajaran berbicara Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 7 Pamekasan
Kata kunci: Metode Role Playing, berbicara, Bermain Peran.
Penelitian ini membahas tentang penerapan metode role playing dalam
pembelajaran berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Pamekasan yang masih
kurang dalam kemampuan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Pamekasan.
Adapun penelitian ini memiliki dua fokus penelitian yang menjadi
pembahasan pokok dalam skripsi yang berjudul peneran metode role playing
dalam pembelajaran berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Pamekasan, adapun
fokus penelitian tersebut sebagai berikut: Pertama, bagaimana penerapan metode
role playing pada pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan
kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Pamekasan. Kedua,
bagaimana hasil penerapan metode role playing pada pembelajaran Bahasa
Indonesia dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP
Negeri 7 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi
terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Yang menjadi informan adalah guru,
peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triagulasi
sumber dan metode.
Dengan penerapan metode role playing ini dalam pembelajaran bahasa
Indonesia, model tersebut dapat bermanfaat bagi siswa untuk mengembangkan
kemampuan siswa dalam berbicara. Dalam hal ini guru menerapkan pembelajaran
dengan cara, mempersiapkan RPP, Menyampaikan tujuan pembelajaran, Tanya
jawab,siswa berdiskusi dengan kelompoknya, permainan model role playing,
penutup.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan metode role
playing dalam pembelajaran berbicara siswa kelas VIII melalui 3 tahapan
diantaranya kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan penutup, tiga tahapan tersebut
dilakukan sesuai prosedur yang telah dibuat oleh guru dengan memperhatikan
capaian dan indikator pembelajaran. Kedua, hasil penerapan metode role playing
yang telah di laksanakan sebagai berikut: 1) Guru menemukan langkah-langkah
yang tepat dalam penerapan metode role playing untuk meningkatkan kemampuan
berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Pamekasan. 2) siswa dapat
meningkatkan kemampuan berbicara (bermain peran) di dalam kelas. 3) siswa
merespon positif pelaksanaan metode role playing untuk meningkatkan
keterampilan berbicara khususnya dalam bermain peran. 4) siswa lebih aktif dan
berpatisipasi dalam proses belajar mengajar, terutama dalam pembelajaran
bermain peran.
Tidak tersedia versi lain