Text
Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran IPS Di SMP Islam Nurul Jadid Panglegur Pamekasan Tahun Ajaran 2022/2023
Kata Kunci : Lingkungan Sosial, Hasil Belajar IPS
Dampak lingkungan sosial terhadap siswa sangatlah berpangaruh kepada
pola pikir siswa sehingga kenakalan siswa pun sangat mungkin terjadi. Sering
bolos atau tidak mengikuti beberapa matapelajaran di sekolah, sering terjadi di
sekolah-sekolah manapun, akan tetapi berbeda dengan sekolah di SMP Islam
Nurul Jadid Panglegur Pamekasan ini. karena berada dinbawah naungan Yayasan
Pondok Pesantren Nurul Jadid. Jadi, kemungkinan anak bolos sekolah masih bisa
terkontrol dengan peraturan pondok pesantren. maka dari itu peniliti sangat
tertarik untuk terjun langsung meneliti keadaan siswa di PP Nurul Jadid tersebut
mengenai lingkungan sosial.
Berdasarkan hal tersebut maka beberapa permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu bagaimana Pengaruh Lingkungan Sosial
Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran IPS Di SMP Islam
Nurul Jadid Panglegur Pamekasan. Bagaimana peningkatan Hasil belajar siswa
kelas VII pada pembelajaran IPS di SMP Islam Nurul Jadid Panglegur
Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VII yang berjumlah 122, yang diteliti berjumlah 31 siswa dan
objeknya adalah Lingkungan sosial. Metode pengumpulan data dilakukan melalui
angket, nilai raport dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis
deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh lingkungan sosial terhadap
hasil belajar siswa kelas VII pada pembelajaran IPS di SMP Islam Nurul Jadid
Panglegur Panglegur Pamekasan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil penelitian
yang menunjukkan, bahwa nilai “r” kerja product moment sebesar 0,613 dengan
jumlah responden 31 siswa lebih besar dari nilai harga kritik product moment,
baik dalam interval kepercayaan 5% yaitu diperoleh nilai sebesar 0,349 sedangkan
dalam taraf signifikansi 1% diperoleh sebesar 0,449. Pengaruh lingkungan sosial
terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada pembelajaran IPS di SMP Islam Nurul
Jadid Panglegur Pamekasan dengan interpretasi cukup. Hal ini dibuktikan ketika
“r” product moment dikonsultasikan pada nilai interpretasi product moment yang
membuktikan bahwa nilai “r” kerja sebesar 0,613 berada di antara nilai 0,40
sampai dengan interpretasi cukup
Tidak tersedia versi lain