Text
Pengaruh Model Pembelajaran Guided Note Taking Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik IPS Kelas VII MTsN 3 Pamekasan
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Guided Note Taking, Hasil Belajar
Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran tutorial. Guru IPS harus memiliki strategi agar peserta didik dapat belajar secara efektif dan efisien, mengena pada tujuan yang diharapkan. Salah satu alternatif model pembeljaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan juga membantu peserta didik dalam memahami materi pada pembelajaran IPS yitu Guided Note Takin. Bedasarkan pengamatan dari peneliti di MTsN 3 Pamekasan bahwa peserta didik kelas VII kurang memeperhatikan guru dan lebih sering sibuk dengan dunianya sendiri disaat mengikuti pembelajaran IPS, selain itu suasana pembelajaran yang kurang menarik bagi peserta didik. Sehingga, peneliti melakukan penelitian tentang pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Guide Note Taking dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Guided Note Taking pada mata pelajran IPS di MTsN 3 Pamekasan tahun ajaran 2021/2022 dan untuk mengetahui pengaruh antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran guided note taking dan yang tidak menggunakan di kelas VII di MTsN 3 Pamekasan tahun ajaran 2021/2022.
Rancangan penelitian ini adalah Post-test Only Control Design. Populasi penilitian ini yaitu selurh siswa unggulan kelas VII di MTsN 3 Pamekasan dan ampel yang digunakan terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen dalam penelitian terdiri dari observasi, posttest, dan dokumentasi. Data penelitian diolah menggunakan SPSS versi 16.
Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran guided note taking terhadap hasil belajar peserta didik IPS kelas VII MTsN 3 Pamekasan dibuktikan dengan setelah penerapan model pembelajaran guided note taking dalam mata pelajaran IPS kelas VII MTsN 3 Pamekasan dilakukan dan pemberian soal-soal tes sebanyak 25 soal pilihan ganda diperoleh nilai rata-rata dari jawaban peserta didik sebesar 86,48 yang artinya mendekati nilai maksimum sebesar 100. Dengan demikan, penerapan model guided note taking yang dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan tahapan yang semistinya mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi yang di ajarkan. Selain itu, berdasarkan uji independentt-test menunjukkan hasil sebesar 0,002 < 0,05, sehingga dengan keputusan jika nilai sig < 0,05 maka hipotesis penelitian ini diterima dan ditolaknya H0.
Tidak tersedia versi lain