Text
Pendekatan Guru Dalam Menciptakan Belajar Yang Efektif Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN Pakong 1 Pamekasan
Kata Kunci: Pendekatan Guru, Menciptkan Belajar yang Efektif, Mata Pelajaran
IPA
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terkait
pendekatan guru dalam menciptakan belajar yang efektif terutama pada mata
pelajaran IPA. Guru memiliki inovasi baru dalam kegiatan belajar mengajar agar
anak mampu berkembang dengan optimal serta pembelajaran dapat berjalan
dengan lancar dan efektif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Berdasarkan hal tersebut, ada dua fokus dalam penelitian ini yaitu: pertama
bagaimana pendekatan guru dalam menciptakan belajar yang efektif pada mata
pelajaran IPA di kelas V SDN Pakong 1 Pamekasan?. Kedua apa saja faktor yang
mempengaruhi pendekatan guru dalam menciptakan belajar yang efektif pada
mata pelajaran IPA di Kelas V SDN Pakong 1 Pamekasan?.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun data diperoleh dari hasil
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informasi diperoleh dari Guru
kelas Va dan Beberapa Siswa di kelas Va SDN Pakong 1 Pamekasan. Untuk
mengecek keabsaahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan, pengamatan dan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, ada beberapa
pendekatan yang guru gunakan dalam kegiatan belajar mengajar yaitu
pendekatan individual, pendekatan kelompok, pendekatan bervariasi, pendekatan
edukatif, pendekatan keagamaan, dan pendekatan kebermaknaan. Pada
pendekatan individual guru gunakan pada saat mata pelajaran IPA misalnya
pada materi Ayo Mengamati. Pendekatan kelompokk guru gunakan pada saat
mata pelajaran IPA misalnya percobaan pada materi daur air. Untuk pendekatan
bervariasi biasanya guru gunakan kepada siswa yang memiliki permasalahan,
karena setiap masalah yang ada tidak bisa diselesaikan dengan tekhnik
pemecahan masalah yang sama. Jadi, jika permasalahannya bervariasi maka
pendekatan yang digunakaan bervariasi pula. Pada pendekatan edukatif guru
gunakan paada saat bel masuk kelas, siswa tidak boleh langsung masuk
melainkan disuruh untuk berbaris terlebih dahulu yang dipimpin oleh ketua
kelas, guru menunggu disisi pintu, setelah semuanya siap maka dipersilahkan
masuk satu persatu dengan menyalami dan mencium punggung tangan guru,
barulah pembelajaran siap dimulai. Kedua, faktor yang memepengaruhi
pendekatan guru dalam menciptakan belajar yang efektif terutama pada mata
pelajaran IPA ada dua faktor yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat.
faktor pendukungnya ialah adanya kemauan ddari siswa dalam mengikuti
pembelajaran, sikap guru yang menyenangkan dan ramh tamah, adanya fasilitas
yang memadai seperti alat dan sumber belajar. Sedangkan faktor penghambatnya
adalah keterbatasan waktu dalam kegiatan belajar mengajar dan suasana kelas
serta perencanaan guru yang kurang maksimal
Tidak tersedia versi lain