Text
mplementasi Manajemen Ekstrakurikuler Dalam Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Pada Peserta Didik Kelas 7 MTs Sayyid Yusuf Talango
Kata kunci: Manajemen Ekstrakurikuler, Nilai-Nilai Keagamaan.
Manajemen ekstrakurikuler dilaksanakan berdasarkan pada prinsip
manajemen yang meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan,
dan pengawasan. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang diwajibkan untuk kelas
7 MTs Sayyid Yusuf Talango, yaitu ekstrakurikuler keperamukaan. Dalam
mengimplementasikannya terdapat nilai-nilai keagamaan pembiasaan yang dapat
membentuk menyelaraskan dan menyeimbangkan iman, islam dan ihsan.
Berdasarkan dari hal tersebut, ada dua pokok permasalahan yang akan menjadi
kajian dalam penelitian ini. Yaitu: pertama, bagaimana implementasi manajemen
ekstrakurikuler dalam penanaman nilai-nilai keagamaan pada peserta didik kelas
7. Kedua, bagaimana dampak manajemen ekstrakurikuler dalam penanaman nilainilai keagamaan pada peserta didik kelas 7.
Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk analisis data,
menggunakan tiga tahap model air yaitu reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara (semi
terstruktur) dengan beberapa narasumber, observasi (non partisipan), dan
dokumentasi, dengan informan kepala sekolah, pembina pramuka dan siswa.
Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui Triangulasi sumber,
triangulasi sumber Untuk menguji keabsahan data dengan cara mengecek data
yang telah diperoleh melalui beberapa narasumber oleh peneliti/pengamat.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: pertama,
implementasi manajemen ekstrakurikuler dalam penanaman nilai-nilai keagamaan
pada peserta didik berupa pemberian materi tentang keagamaan dengan metode
ceramah, menerapkan shalat jama’ah, Para peserta didik harus menyesuaikan
dengan kode kehormatan pramuka. Salah satunya yaitu janji untuk tetap menjaga
shalat, saling tolong menolong, bisa menjaga nilai-nilai keagamaan dan tetap
menjaga akhlak yang baik di sekolah ataupun di luar sekolah. kedua. dampak dari
manajemen ekstrakurikuler dalam penanaman nilai-nilai keagamaan pada peserta
didik kelas 7 MTs Sayyid Yusuf Talango. Dampak positifnya yaitu Memiliki
kedisiplinan waktu, memberikan wawasan dan pengalaman awal yang baik untuk
para peserta didik kelas 7, untuk membentuk kepribadian yang baik, mengajarkan
arti kepemimpinan. Dampak negatifnya yaitu pembelajaran yang terlalu keras
mengakibatkan peserta didik merasa tertekan, serta kurang memahami makna dari
keperamukaan
Tidak tersedia versi lain