Text
Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Tebak Kata dalam Pelajaran Tematik pada Siswa Kelas II di SDN Labuhan 1 Sreseh Sampang Tahun Pelajaran 2021/2022
Kata Kunci: peningkatan, keterampilan berbicara, metode tebak kata, dan
pembelajaran tematik.
Setiap manusia pada dasarnya diberikan keterampilan berbicara namun
tidak semua orang mampu berbicara atau berkomunikasi secara lisan dengan baik
dan benar. Oleh karena itu, pelajaran berbicara seharusnya mendapat perhatian
dalam pengajaran keterampilan berbahasa di sekolah dasar. Berbicara menunjang
keterampilan membaca dan menulis. Menulis dan berbicara mempunyai kesamaan
yaitu sebagai kegiatan produksi bahasa dan bersifat menyampaikan informasi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1)
Bagaimana perencanaan guru dalam menyusun metode tebak kata untuk siswa
kelas II dalam pembelajaran tematik di SDN Labuhan 1 Sreseh Sampang?, (2)
Bagaimana guru dalam menerapkan pelaksanaan metode tebak kata untuk siswa
kelas II dalam pembelajaran tematik di SDN Labuhan 1 Sreseh Sampang?, (3)
bagaimana hasil dari penerapan metode tebak kata untuk kelas II dalam
pembelajaran tematik di SDN Labuhan 1 Sreseh Sampang?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data ialah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Informasi yang perlu diperoleh ialah dengan
melakukan wawancara terhadap guru wali kelas II yaitu ibu Mashuroh. Tehnik
analisis data yang digunakan adalah menggunakan model interaktif yang terdiri
dari pengumpulan data, reduksi kata dan penarikan kesimpulan. Sedangkan
keabsahan data dilakukan dengan perencanaan metode tebak kata, penerapan
metode tebak kata dan hasil dari penerapan metode tebak kata.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, guru dalam
melakukan perencanaan dalam menyusun metode tebak kata untuk siswa kelas II
dalam pembelajaran tematik di SDN Labuhan 1 Sreseh Sampang perlu
menyiapkan yaitu: (1) menyiapkan RPP dalam pembelajaran tematik, (2)
merancang metode tebak kata, (3) membuat srategi pembelajaran sebelum dan
sesudan dilaksanakan metode tebak kata, dan (4) melakukan evaluasi.
Kedua, penerapan pelaksanaan metode tebak kata untuk siswa kelas II
dalam pembelajaran tematik di SDN Labuhan 1 Sreseh Sampang yaitu (1) akan
menyuruh siswa untuk megikuti apa yang dibacakan oleh peneliti yang sesuai
dengan teks percakapan, (2) guru akan menerapkan metode tebak kata dan
memberikan contoh sebuah kalimat sederhana, (3) kemudian, guru berdiri didepan
kelas dan memperlihatkan sebuah gambar tentang alat kebersihan yang biasanya
ada di rumah kepada siswa, (4) guru akan menunjuk salah satu siswa agar
menebak kata dari gambar yang telah diperlihatkan, (5) Kemudian peneliti juga
menyuruh siswa yang ditunjuk tadi untuk membuat kalimat sederhana sesuai
dengan gambar alat kebersihan yang telah ditebaknya. (6) melakukan evaluasi.
v
v
Ketiga, setelah melakukan pelaksanaan metode tebak kata pada siswa kelas
II dalam pembelajaran tematik dengan materi yang diajarkan tema 4 sub tema 1
pembelajaran ke 5 tentang Hidup Bersih dan Sehat di Rumah. Telah mengalami
peningkatan yang signifikan dalam keterampilan berbicara siswa kelas II
Tidak tersedia versi lain