Text
Penerapan Metode Public Speaking Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas IX Mts Nurur Rahmah Kabupaten Sumenep
Kata kunci: keterampilan berbicara, metode public speaking.
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode
public speaking pada siswa kelas IX MTs Nurur Rahmah Kabupaten Sumenep.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian
adalah siswa kelas IX MTs Nurur Rahmah yang berjumlah 31 siswa. Objek
penelitian adalah keterampilan berbicara siswa. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah tes keterampilan berbicara. Teknik analisis data yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Tindakan pembelajaran siklus I siswa tidak mengalami kendala dalam aspek
kebahasaan yang diantaranya kosa kata/ungkapan dan struktur kalimat yang
digunakan, dan aspek nonkebahasaan keberanian, keramahan, dan sikap. Tindakan
pembelajaran pada siklus II lebih difokuskan pada aspek kebahasaan dan non
kebahasaan yang dikuasai siswa aspek tersebut diantaranya aspek kebahasaan
(tekanan, ucapan, serta nada dan irama) dan aspek nonkebahasaan (kelancaran dan
penguasaan materi). Pada pembelajaran siklus II Pembelajaran keterampilan
berbicara meggunakan metode public speaking menunjukkan adanya peningkatan
keterampilan berbicara siswa.
Tidak tersedia versi lain