Text
Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Pademawu Barat 1 Kecamatan Pademawu Tahun Ajaran 2021/2022
Kata Kunci: Think Pair Share, Motivasi Belajar, Pembelajaran Tematik
Penelitian ini dilatarbelakangi karena motivasi belajar siswa pada
pembelajaran tematik belum optimal. Siswa kurang bersungguh-sungguh dalam
mengikuti proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Selain itu, model
pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi. Guru hanya menggunakan
model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Siswa cenderung
bosan dengan model pembelajaran yang monoton sehingga menyebabkan siswa
kurang semangat dan kurang termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa
yaitu model pembelajaran Think Pair Share. Hal tersebut sesuai dengan penelitian
yang dilakukan oleh Purnomo bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat
meningkatkan motivasi belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada
pembelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas V SDN Pademawu Barat 1 yang berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar angket, wawancara
dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data deskriptif
kuantitatif dengan presentase yang dilakukan dengan menghitung skor motivasi
belajar, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran
tematik kelas V SDN Pademawu Barat 1 Tahun Ajaran 2021/2022 yang
ditunjukkan dengan adanya peningkatan presentase skor observasi motivasi
belajar setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 skor rata-rata mengalami
peningkatan sebesar 11,36% dari 73,29% menjadi 84,65% pada siklus 2.
Sedangkan pada angket motivasi belajar terjadi peningkatan dari siklus1 ke siklus
2 sebesar 4,17% yaitu dari 81,81% menjadi 85,98%. Siswa juga merespon dengan
baik mengenai penerapan model pembelajaran Think Pair Share terbukti dengan
skor angket respon siswa yang diperoleh sebesar 86,02%
Tidak tersedia versi lain