Text
2, Efektivitas Pemberian Reward dan Ice Breaker dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 5 Di MI Darulmuta’alimin Sumber Waru, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Reward, Ice Breaker dan Minat Belajar Siswa.
Reward merupakan salah satu cara guru dalam mengapresiasi siswa atas
perbuatannya yang patut di puji. Sedangkan ice breaker merupakan permainan
atau kegiatan yang sederhana, ringan dan ringkas yang berfungsi untuk mengubah
suasana kebekuan, ketakutan, rasa bosan, atau mengantuk dalam pelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, megetahui proses pemberian reward dan
ice breaker dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas 5 di MI
Darulmuta’alimin Sumber Waru, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan.
Kedua, mengetahui efektivitas pemberian reward dan ice breaker dalam
meningkatkan minat belajar siswa kelas 5 di MI Darulmuta’alimin Sumber Waru,
Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif,
sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah Kepala Sekolah, Guru kelas 5, Siswa kelas 5. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan
triangulasi metode dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Proses pemberian reward
dan ice breaker dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas 5 di MI
Darulmuta’allimin Sumber Waru, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan.
Dengan memberikan ice breaker pada awal pembelajaran supaya siswa
bersemangat saat memulai pembelajaran bisa juga diberikan pada pertengahan
pembelajaran supaya siswa tidak mudah mengantuk. Jenis ice breaker yang
diberikan oleh guru berupa tepuk tangan dan yel-yel untuk mengembalikan
suasana belajar yang kondusif. Sedangkan reward diberikan ketika guru
memberikan pertanyaan kemudian siswa yang bisa menjawab diberikan reward.
Penghargaan bisa berupa pujian, hadiah atau tambahan nilai dengan begitu siswa
yang lain akan termotivasi untuk mengerjakan tugas dengan benar. Kedua,
Efektivitas pemberian reward dan ice breaker dalam meningkatkan minat belajar
siswa kelas 5 di MI Darulmuta’allimin Sumber Waru, Kecamatan Waru,
Kabupaten Pamekasan. Sangat efektif diberikan pada saat pembelajaran untuk
membangunkan semangat pembelajaran serta suasana kelas menjadi aktif karena
pembelajaran yang menyenangkan dapat meningkatkan minat belajar siswa
Tidak tersedia versi lain