Text
Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN Bugih 1 Pamekasan
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA
Proses kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPA tentunya harus
menggunakan model pembelajaran yang baik dan efisien agar mampu memberikan
pemahaman dan peningkatan aktivitas dan partisipasi siswa selama kegiatan belajar
mengajar berlangsung. Model pembelajaran direct instruction menjadi salah satu cara
bagi guru untuk membantu proses belajar dan menguasai materi pembelajaran pada
mata pelajaran IPA. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama bagaimana penerapan model pembelajaran
direct instruction terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III SDN
Bugih 1 Pamekasan, kedua bagaimana hasil penerapan model pembelajaran direct
instruction terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III SDN Bugih
1 Pamekasan, ketiga bagaimana kelebihan dan kekurangan model pembelajaran
direct instruction terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III SDN
Bugih 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informasinya
adalah kepala sekolah SDN Bugih 1 Pamekasan, wali kelas III SDN Bugih 1
Pamekasan, da siswa kelas III SDN Bugih 1 Pamekasan sebanyak 5 orang dari 26
siswa yang paling aktif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama proses pembelajaran IPA di
kelas III SDN Bugih 1 Pamekasan menggunakan penerapan model pembelajaran
direct instruction yang mana dalam pelaksanaannya guru telah menyiapkan materi
ajar, menyampaikan tujuan pembelajaran, mereview kembali, memberikan penjelasan
sederhana dengan jelas, membimbing siswa dan mengecek pemahaman siswa agar
dapat memahami materi yang sudah disampaikan, kedua hasil belajar yang
didapatkan siswa baik setelah menerapkan model pembelajaran direct instruction dan
siswa mampu memahami materi pembelajaran, ketiga penerapan model pembelajaran
direct instruction memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihannya yaitu
dapat membantu siswa memahami pembelajaran dengan baik, kegiatan belajar
menjadi efektif dan cocok digunakan pada penjelasan materi yag ekplisit secara
setahap demi setahap, artinya memerlukan pejelasan yang jelas kepada siswa.
Kekurangan model pembelajaran direct instruction yaitu membutuhkan banyak siswa
agar pusat perhatian siswa lebih lama, keberhasilan belajar siswa tergantung pada
guru dan terkadang guru mengalami kesulitan dalam mengawasi siswa
Tidak tersedia versi lain