Text
Pengaruh Metode Blended learning Terhadap Motivasi Belajara Siswa Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI At-Taubah Prajjan Sampang Tahun Pelajaran 2021/2022
Kata Kunci: Media Sosial WhatsApp, Motivasi Belajar Siswa, Pandemi COVID-19.
Proses pembelajaran harus selalu berlangsung dalam negara indonesia dengan kondisi
seperti apapun. Demikian pula pembelajaran pada saat terjadinya pandemi Covid-19. Pada
proses pembelajaran memerlukan metode dan teknik yang tepat agar bisa berhasil dengan
maksimal. Ada beberapa metode yang dapat dilakukan guru dalam proses pembelajaran
diantaranya dengan menggunaka metode Blended Learning, yang menggabungkan antara
proses pembelajaran secara daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan).
Penggunaan media dalam pembelajaran menuntut guru untuk terus berinovasi dalam
menggunakan teknologi yang ada memaksimalkan penggunaan media elektronik sebagai
media pembelajaran terutama untuk proses pembelajaran daring, ada banyak aplikasi yang
dapat dimanfaatkan guru dalam sebagai media pembelajaran, diantaranya adalah aplikasi
WhatsApp dan Google Form yang sudah sangat familiar pada kalangan siswa dan guru.
Pemanfaatan aplikasi ini akan berdampak terhadap keberhasilan proses pembelajaran. Mi AtTaubah salah satu sekolah yang menerapkan blended learning sejak terjadinya pandemi untuk
menghidari adanya kerumunan peserta didik, sehingga blended learning menjadi solusi
alternatif agar pembelajaran tetap mampu meningkatkan motivasi belajar siswa meskipun
berlangsung dengan cara luring dan daring.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sedangkan teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan rumus yang digunakan adalah
product moment dan instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi, angket,
dan dokumentasi.
Hasil analisis penelitian ini menunjukkan diterima tidaknya hipotesis yang diajukan
peneliti, maka nilai “r” kerja dibandingkan dengan nilai “r” tabel. Jika “r” kerja lebih besar dari
“r” tabel maka diterima, jika “r” kerja lebih kecil dari “r”tabel maka ditolak. Diketahui nilai
“r” tabel pada N=22 terhadap interval kepercayaan 95% sebesar 0,423 dan 99% sebesar 0,537.
Dari hasil analisis tersebut. Diperoleh nilai “r” kerja lebih besar dari nilai “r” tabel product
moment. Hasil penelitian tersebut dinyatakan “ada pengaruh”. Sedangkan untuk besar
pengaruh dari metode Blended learning terhadap motivasi belajar siswa pembelajaran bahasa
indonesia adalah “sedang atau cukup” hal tersebut diketahui berdasarkan analisis data pada
tabel interprestasi product moment yang menunjukkan bahwa “r” kerja 0,563 berada diantara
0,40-0,70. Yaitu besar pengaruhnya adalah “sedang atau cukup"
Tidak tersedia versi lain