Text
Problematika Penulisan Ejaan dalam Pembelajaran Bahasa Madura Siswa Kelas X SMAS Islam Babus salam Desa Pasarenan Sampang
Kata kunci: Problematika, Ejaan Bahasa Madura.
Peneletian ini membahas tentang Problematika Penulisan Ejaan dalam
Pembelajaran Bahasa Madura Siswa Kelas X SMA Islam Babus salam Desa
Pasarenan Sampang, yang masih kurang dalam menelaah kaidah-kaidah bahasa
Madura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui belajar siswa kelas X SMAS
Islam Babus salam Pesarenan Sampang.
Adapun penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian yang menjadi
pembahasan pokok sebagai berikut: Pertama, Bagaimana problematika penulisan
ejaan bahasa Madura tahun 2011 di SMAS Islam Babus salam Desa Pasarenan
Sampang?. Kedua, Apa sajakah faktor penghambat dalam penulisan ejaan bahasa
Madura di SMAS Islam Babus salam Desa Pasarenan Sampang?. Tiga,
Bagaimana solusi guru mengatasi problematika penulisan ejaan di SMAS Islam
Babus salam Desa Pasarenan Sampang?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sedangkan yang menjadi informan adalah guru dan peserta didik.
Pengecekan keabhasan data dilakukan melalui tringulasi sumber, keajegan dan
ketekunan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, problem dalam
pembelajaran ejaan bahasa Madura, siswa tidak bisa membedakan huruf konsonan
dan vokal (â halus dan e petpet, ѐ taleng, dan a tajam,dh, ḍh dan d). Kedua,
minimnya media pembelajaran, guru yang mengajar bahasa Madura tidak sesuai
dengan jenjang pendidikan yang ditempuh, dan terbatasnya kemampuan untuk
mengoprasikan komputer dalam materi pembelajaran ejaan bahasa Madura 2011.
Tiga, guru memberikan bimbingan intensif kepada siswa yang kurang memahami
ejaan bahasa Madura, mengadakan pelatihan tambahan, dan mengadakan diklat
tentang bahasa Madura.
Tidak tersedia versi lain