Text
Analisis Pembelajaran Online Melalui Whatsapp Grup Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI A SDN Pademawu Barat 1 Pamekasan
Kata Kunci: Pembelajaran Online, Motivasi Belajar
Pembelajaran online adalah sistem pembelajaran yang menggunakan
koneksi internet dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran akan berhasil
manakala seorang siswa memiliki motivasi atau antusiasme dalam melaksanakan
kegiatan pembelajaran. Motivasi dapat diartikan juga sebagai kekuatan, dorongan,
kebutuhan, semangat, tekanan, mekanisme psikologis yang mendorong seseorang
atau sekelompok orang untuk mencapai prestasi tertentu sesuai dengan apa yang
dikehendakinya. Berdasarkan hal tersebut, terdapat tiga fokus dalam penelitian ini
yaitu: pertama apakah pembelajaran online melalui whatsapp grup dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI SDN Pademawu Barat I Pademawu
Pamekasan, kedua bagaimana tahapan dan pelaksanaan pembelajaran online untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI SDN Pademawu Barat I Pademawu
Pamekasan, dan ketiga apa saja kendala-kendala yang di hadapi dalam
pembelajaran online untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI SDN
Pademawu Barat I Pademawu Pamekasan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini
diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informasi
diperoleh dari kepala sekolah SDN Pademawu Barat I, Guru kelas VI.A, dan empat
orang siswa kelas VI.A. Peneliti mengecek keabsahan data melalui perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : pertama, pembelajaran
online melalui whatsapp grup di kelas VI A SDN Pademawu Barat I dilakukan
untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kedua, Dalam proses pembelajaran
guru menerapkan beberapa tahapan dalam pelaksanaan pembelajaran online, seperti
memberi salam pembuka, menanyakan kabar, mengirim penjelasan materi
pemebelajaran, memberikan tugas dan lain sebagainya.. Ketiga, kendala-kendala
yang dihadapi saat pembeajaran online yaitu, fasilitas elektronik(HP), jaringan,
dukungan orang tua, kurangnya pengetahuan terhadap penggunaan aplikasi pada
media elektronik. Namun terdapat beberapa solusi untuk mengatasi kendala yang
dihadapi dalam pemebejaran online seperti, melakukan kegiatan guru kunjung,
memberikan kouta gratis sesuai jaringan, melakukan pemantauan pada siswa secra
pribadi, dan memilih aplikasi yang sering digunakan oleh masayarakat.
Tidak tersedia versi lain