Text
Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di SDN Samaran 1 Tambelangan Sampang
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Kompetensi Kepribadian Guru, Motivasi Belajar
Kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional sebagai tuntutan dari profesi. Kompetensi kepribadian guru adalah kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik dan berakhlak mulia. Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan yang memberikan arah pada kegiatan belajar itu; maka tujuan yang dikehendaki oleh siswa tercapai.
Berdasarkan hal tersebut, maka fokus penelitian ini yang pertama yaitu Bagaimana kompetensi kepribadian guru di sekolah SDN Samaran 1 Tambelangan Sampang. Kedua yaitu Bagaimana kompetensi kepribadian guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di sekolah SDN Samaran 1 Tambelangan Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif yang mana sumber data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dari beberapa informan seperti kepala sekolah, guru dan siswa, sedangkan untuk pengecekan dan kekuatan pengamatan melalui triangulasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu Kompetensi Kepribadian guru di sekolah SDN Samaran 1 Tambelangan Sampang sudah memenuhi indikator kompetensi kepribadian yang ada. Seperti kepribadian yang arif, bijaksana , dan berwibawa. Kompetensi kepribadian guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah SDN Samaran 1 Tambelangan Sampang, jika guru memiliki kepribadian yang baik, ramah, sopan, penyayang, dan berpenampilan manarik maka hal itu akan membuat siswa nyaman dan betah buat belajar, sehingga motivasi belajarnya dapat meningkat.
Tidak tersedia versi lain