Text
Pengaruh Metode Pemberian Tugas Pekerjaan Rumah (PR) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Gaya Dan Gerak Di SDN TRASAK 02 Di Desa Trasak Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan.
Kata Kunci : Metode Pemberian Tugas PR, Pemahaman, Gaya Dan Gerak
Kegiatan pembelajaran ialah suatu kegiatan interaksi yang dilakukan oleh
guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa. Kegiatan interaksi dapat
dikatakan berhasil apabila dalam interaksi tersebut siswa terlibat aktif. Ketidak
berhasilan siswa dalam suatu pembelajaran salah satunya disebabkan oleh metode
pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Hal ini
terjadi pada kelas IV SDN Trasak 02 yang menyebabkan hasil belajar siswa
rendah serta siswa malas untuk belajar, khususnya pada pembelajaran materi gaya
dan gerak. Salah satu metode pembelajaran yang dipandang dapat meningkatkan
pemahaman siswa adalah metode pemberian tugas pekerjaan rumah (pr) yaitu
metode yang menitik beratkan pada tugas tertentu baik lisan maupun tertulis yang
dikerjakan diluar jam sekolah yang berkaitan dengan pelajaran yang telah
dipelajari
Berdasarkan hal tersebut, terdapat tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana gambaran pemberian tugas
pekerjaan rumah (pr) terhadap pemahaman siswa pada materi gaya dan gerak di
SDN Trasak 02; kedua, bagaimana pengaruh metode pemberian tugas pekerjaan
rumah (pr) terhadap pemahaman siswa pada materi gaya dan gerak di SDN Trasak
02; ketiga, seberapa besar pengaruh metode pemberian tugas pekerjaan rumah (pr)
terhadap pemahaman siswa pada materi gaya dan gerak di SDN trasak 02 .
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan
penelitian menggunakan True experimental design jenis posttest-only control
design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes (post test) dan
dokumentasi. Populasi pada penelitian ini ialah sebanyak 26 siswa kelas IV SDN
Trasak 02. Sampel penelitian ini yaitu semua anggota populasi dijadikan sampel
yaitu 26 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah teknik
non-probability sampling (sampel tanpa acak). Analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian ini yaitu
gambaran pemberian tugas sebelum diberikan perlakuan hasil pretest dan angket
siswa rendah. berdasarkan data hasil dari Post test siswa didapat thitung = 8,23704.
Selanjutnya penulis bandingkan dengan ttabel dengan dk = n1 + n2 – 2 (13 + 13 – 2
= 24 ) dengan taraf kesalahan 5% diperoleh ttabel = 2,064. Oleh karena thitung >
ttabel yaitu 8,23704 > 2,064 (untuk thitung dari data hasil post tets). maka dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pemberian tugas pekerjaan rumah (pr)
terhadap pemahaman siswa pada materi gaya dan gerak di SDN Trasak 02 di Desa
Trasak Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Hal ini berarti bahwa (Ho)
ditolak dan (Ha) diterima
Tidak tersedia versi lain