Text
Analisis Model Pembelajaran Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas VI SDN Larangan Badung I Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Model Pembelajaran , Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn
Dalam peningkatan hasil belajar siswa pada matapelajaran PPKn guru
melakukan proses pembelajaran dengan benar tentunya guru perlu memperhatikan
model pembelajaran yang baik dan sesuai kebutuhan siswa. Penggunaan Model
pembelajaran merupakan hal penting dalam proses pembelajaran. Model
pembelajaran diskusi kelompok kecil menjadi salah satu cara guru untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran PPKn. Berdasarkan hal
tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian
ini, yaitu: pertama Bagaimana proses pembelajaran PPKn dengan model
pembelajaran diskusi kelompok kecil di kelas VI SDN Larangan Badung I
palengaan pamekasan, kedua Bagaimana hasil pembelajaran PPKn di kelas VI
SDN Larangan Badung I palengaan pamekasan dengan penerapan model
pembelajaran diskusi kelompok kecil dan ketiga Apa kelebihan dan kekurangan
model pembelajaran diskusi kelompok kecil dalam meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran PPKn.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Informasinya adalah kepala sekolah SDN Larangan Badung I, wali kelas VI SDN
Larangan Badung I, dan siswa kelas VI sebanyak 5 orang dari 24 siswa yang
dipilih berdasarkan rangking kelas.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama: proses pembelajaran
PPKn kelas VI di SDN Larangan Badung I menggunakan model pembelajaran
diskusi kelompok kecil yang mana dalam pelaksanaannya guru membentuk siswa
menjadi beberapa kelompok kemudian siswa diberikan soal yang akan
didiskusikan oleh masing-masing kelompok dengan anggotanya dan guru
mengawasi siswanya agar siswa dapat melakukan diskusi dengan benar. Kedua,
penerapan model pembelajaran diskusi kelompok kecil dalam proses
pembelajaran PPKn kelas VI di SDN Larangan Badung I dapat meningkatkan
hasil belajar siswa dibandingkan sebelumnya yang berupa adanya kenaikan nilai
hasil belajar dibandingkan sebelum menggunakan model pembelajaran diskusi
kelompok kecil. Ketiga, penerapan model pembelajaran diskusi kelompok kecil
mempunyai kelemahan dan kelebihan. Adapun kelebihannya yaitu melatih siswa
untuk lebih aktif, mengajarkan siswa tentang diskusi dan melatih siswa untuk
menghargai pendapat orang lain. Kelemahan dari model pembelajaran diskusi
kelompok kecil yaitu membutuhkan waktu yang cukup panjang dan jika tidak ada
pengawasan dari guru terkadang hanya beberapa siswa yang aktif dalam proses
diskusi.
Tidak tersedia versi lain