Text
Penerapan Metode Problem Solving pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X MA Al-Djufri Aeng Penay Blumbungan
Kata Kunci :Metode Problem Solving, Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin rendahnya daya tangkap
siswa terhadap pemahaman pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini membuktikan
bahwa perlunya penggunaan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk
menunjang minat siswa terhadap proses belajar pembelajaran tersebut. Oleh
karena itu, penelitian ini bertujuan memaparkan penerapan metode pembelajaran
yang mampu menjawab permasalahan di atas yakni, menerapkan metode Problem
Solving pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Fokus yang peneliti rumuskan dalam penelitian ini yakni: Pertama,
Penerapan metode Problem Solving pada pembelajaran bahasa Indonesia di MA
Al-Djufri Aeng Penay Blumbungan. Kedua, Kelebihan dan kekurangan yang
dihadapi dari penerapan metode Problem Solving pada pembelajaran bahasa
Indonesia di MA Al-Djufri Aeng Penay Blumbungan. ketiga, Solusi yang
dilakukan guru dalam menghadapi kekurangan pada penerapan metode Problem
Solving pada pembelajaran bahasa Indonesia di MA Al-Djufri Aeng Penay
Blumbungan.
Penelitian ini menggunakan penelitian berjenis kualitatif deskriptif.
kemudian data yang diperoleh yakni dari hasil wawancara, observasi,
dokumentasi dengan sumber datanya yakni, Waka Kurikulum, guru bahasa
Indonesia dan siswa kelas X Al-Djufri. Sedangkan Pengecekan keabsahan data
yang peneliti lakukan yakni melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan dan triangulasi.
Penelitian ini dilakukan pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan
materi teks biografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
1. Penerapan metode Problem Solving terdapat enam langkah penerapan yaitu: a)
Mengidentifikasi permasalahan. b) Penyajian permasalahan. c) Perencanaan
pemecahan permasalahan. d) Mengimplementasikan perencanaan pemecahan
permasalahan. e) Menilai hasil perencanaan pemecahan permasalahan. f)
Menilai hasil pemecahan permasalahan.
2. Kelebihan dalam penerapan metode Problem Solving: a) Siswa menjadi lebih
aktif dalam pelaksanaan pembelajaran. b) Siswa menjadi lebih terampil dalam
memecahkan masalah. c) Siswa lebih percaya diri dalam menyampaikan
pendapat serta membuat public speaking siswa menjadi lebih baik
Tidak tersedia versi lain