Text
Manajemen Peserta Didik Dalam Pengelompokan Siswa Di MTsN 1 Pamekasan
Kata Kunci : Manajemen, Peserta Didik, Pengelompokan Siswa
Pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik dengan guru
pada suatu lingkungan belajar. Dalam proses pembelajaran ada salah satu kegiatan
yang dapat menunjang proses pembelajaran yaitu pengelompokan belajar siswa
atau pengelompokan kelas. Pengelompokan peserta didik bisa dilakukan berbagai
macam seperti pengelompokan berdasarkan kemampuan, minat, bakat dan lainlain, sebagaimana yang dilakukan di MTsN 1 Pamekasan dengan melakukan
pengelompokan peserta didik yang serupa.
Berdasarkan hal tersebut maka ada tiga permasalahan yang menjadi
pokok pembahasan pada penelitian ini yaitu pertama bagaimana pelaksanaan
manajemen peserta didik dalam pengelompokan belajar siswa di MTsN 1
Pamekasan, kedua bagaimana evaluasi manajemen peserta didik dalam
pengelompokan siswa di MTsN 1 Pamekasan, ketiga apa saja hambatan
manajemen peserta didik dalam pengelompokan siswa di MTsN 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis deskriptif. Teknik
pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Sedangkan subyek dalam penelitian ini adalah waka kesiswaan dan dua guru wali
kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama pendaftaran penerimaan
calom peserta didik baru dilakukan secara offline, selanjutnya calom peserta didik
akan mengikuti penilaian berupa tes tulis, tes lisan, melihat nilai raport dan
prestasi kejuaraan. Dalam pengelompokan siswa cara yang digunakan
menggunakan penilaian hasil matrikulasi berdasarkan tinggi rendahnya suatu nilai
dari peserta didik itu sendiri. Kedua evaluasi manajemen peserta didik dalam
pengelompokan siswa di MTsN 1 Pademawu dilakukan berdasarkan perkembakan
potensi pada peserta didik setelah 1 tahun belajar. Ketiga hambatan manajemen
peserta didik dalam pengelompokan siswa di MTsN 1 Pamekasan yaitu ketidak
nyamanan dalam mengubah data siswa melalui data EMIS. Namun hal ini
terselesaikan dengan adanya program insidental yaitu ketika ada event atau
perlombaan sekolah akan mengumpulkan siswa yang memiliki potensi baik itu di
bidang akademik, non akademik, maupun tahfidz
Tidak tersedia versi lain