Text
Penanganan Anak Hiperaktif Dalam Pembelajaran di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan
Kata Kunci: Penanganan, Anak Hiperaktif, Pembelajaran
Anak hiperaktif merupakan suatu pola perilaku pada seorang yang cenderung terlihat lebih
aktif di dalam kelas jika dibandingkan dengan siswa yang lainnya. Yang menunjukkan sikap
tidak mau diam, tidak terkendali, tidak menaruh perhatian dan impulsive (bertindak
sekehendaknya hatinya).
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus pembahasan yang menjadi kajian dalam
penelitian ini yaitu: Pertama, bagaimana perilaku anak hiperaktif dalam pembelajaran di SDI
Matsaratul Huda Panempan Pamekasan ? kedua, hambatan apa saja yang dialami oleh guru
dalam menangani siswa hiperaktif dalam pembelajaran di SDI Matsaratul Huda Panempan
Pamekasan? ketiga, Bagaimana cara guru dalam menangani siswa hiperaktif dalam pembelajaran
di SDI Matsaratul Huda Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Deskriptif adalah salah satu jenis penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau
menggambarkan fenomena, fakta maupun keadaan yang terjadi dilapangan selama penelitian
berlangsung secara alamiah (apa adanya). Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah wali kelas III, wali kelas V, guru
Matematika, guru Olahraga, siswa, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan trianggulasi
sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, perilaku anak hiperaktif di SDI Matsaratul
Huda Panempan Pamekasan yaitu, mengganggu teman yang lainnya maupun saat proses
pembelajaran sedang berlangsung, sulit untuk duduk diam, mudah bosan, dan sulit
berkonsentrasi, keluar masuk kelas tanpa alasan saat pembelajaran sedang berlangsung. Kedua
hambatan guru dalam menangani siswa yang hiperaktif di SDI Matsaratul Huda Panempan
Pamekasan yaitu, siswa hiperaktif sulit untuk duduk tenang, masih menganggu teman yang lain,
sering tidak mengerjakan tugas, tidak berkonsentrasi, mudah bosan dalam pembelajaran. Ketiga,
cara guru dalam menangani anak hiperaktif di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan yaitu
diantaranya, menempatkan posisi duduk anak didepan dekat meja guru, menghindari penempatan
duduk anak didekat jendela, tidak memberikan hukuman yang terlalu berat atau tidak berlebihan
dirasa cukup efisien karena dengan begitu siswa hiperaktif akan merasa lebih bertanggung jawab
apa yang ia lakukan, memberikan reward, dan menggunakan media gambar dan metode
permainan
Tidak tersedia versi lain