Text
Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Pecahan Kelas IV SDN Barurambat Timur 1
Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Soal Cerita, Pecahan
Kesulitan belajar merupakan ketidak mampuan siswa dalam menguasai
konsep, pinsip atau algaritma walaupun sudah berusaha mempelajarinya. Kesulitan
akan menghambat siswa dalam memahami soal cerita. Akan tetapi, siswa mempunyai
cara tersendiri untuk bisa memahaminya dan tingkat pemahaman setiap siswa itu
berbeda.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam mengerjakan
soal cerita bentuk operasi pecahan pada pelajaran matematika di kelas IV SDN
Barurambat Timur I. Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui kesulitan belajar
siswa dalam memahami soal cerita materi pecahan. 2) Untuk mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dalam memahami soal cerita
bentuk pecahan. 3) Untuk mengetahui upaya dalam mengatasi kesulitan belajar siswa
dalam memahami soal cerita materi pecahan ini.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan trianglasi dan diskusi. Adapun
teknis analisis data kualitatif dengan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data
dan menarik kesimpulan dari hasil verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap subyek penelitian mengalami
kesulitan dalam mengerjakan soal berbeda-beda dan peneliti mengambil tiga
indikator dalam kesulitan mengerjakan soal ini yaitu kesulitan dalam memahami
konsep soal matematika, kesulitan dalam pemahaman algoritma dan kesulitan dalam
menulis kesimpulan atau tergesa-gesa dalam mengerjakannya. Kesulitan dalam
menyelesaikan soal cerita materi pecahan ini dengan cara memperbanyak latihan
mengerjakan soal, membuat soal dengan bahasa yang lebih komunikatif atau mudah
dimengerti oleh siswa dan menggunakan metode yang tepat yang sesuai dengan
materi dan menggunakan alat peraga sehingga siswa lebih fokus dalam proses belajar
dan mudah memahami materi yang disampaikan oleh pendidik
Tidak tersedia versi lain