Text
Upaya Guru Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Materi Lari Cepat Mapel Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Melalui Metode Bermain Kid Atletik Di MI Al Jamiyatul Washliyah Pamekasan
Kata kunci: Aktivitas Belajar, Metode, Pendidikan Jasmani Olahraga Dan
Kesehatan.
Penelitian ini di latar belakangi oleh aktivitas pembelajaran penjas rendah
saat siswa di dalam kelas, siswa tidak mengikuti pembelajaran dengan semangat dan
aktivitas siswa terlihat masih kurang bahkan terkesan siswa malas- malasan dalam
mengikuti kegiatan pembelajaran lari cepat. Pada saat proses pembelajaran, yang
meliputi: gerakan start, saat berlari, dan melewati garis finish, terlihat siswa tidak
serius memperhatikan pelajaran yang disampaikan guru.
Fokus penelitian dalam skripsi ini untuk mengetahui upaya guru dalam
meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V materi lari cepat mapel pendidikan
jasmani olahraga dan kesehatan melalui metode bermain kid atletik dan
menggambarkan upaya guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V
materi lari cepat mapel pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan melalui metode
bermain kid atletik.
Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK)
subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Al Jamiyatul Washliyah
Murtajih Pamekasan yang berjumlah 16 orang. Dalam penelitian ini peneliti dan guru
penjas melakukan kolaborasi/kerjasama untuk menentukan kriteria keberhasilan
yang di gunakan dalam pembelajaran Berdasarkan penelitian yang di laksanakan
pada tanggal 19 Januari 2022 terdapat beberapa tahapan di setiap siklusnya.
diantaranya : 1) kegiatan perencanaan yaitu menyusun rancangan yang akan
dilaksanakan dalam proses pembelajaran sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.
2) pelaksanaan,mengembangkan RPP dengan menggunakan metode barmaid kid
atletik untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa sesuai dengan perencannaan
awalnya. 3) observasi, mengamati pelaksanaan pembelajaran proses pelaksanaan
tindakan dalam pembelajaran. 4) refleksi, pengamatan dikumpulkan dan analisis agar
bisa mengevaluasi diri tentang proses pembelajaran yang akan dilaksanakan. Dari
hasil penelitian yang didapat oleh peserta didik pada siklus I, dan siklus II diketahui
bahwa metode bermain kid atletik dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas
V MI Al Jamiyatul Washliyah Murtajih Pamekasan.
Hasil observasi guru siklus I skor total 22 dengan presentase 55% dalam
kategori ‘kurang’, Siklus II skor total 38 dengan presentase 95% dalam kategori
‘baik’. Sedangkan hasil observasi siswa Siklus I dengan skor total 172 dengan
presentase 52% dan Siklus II skor total 324 dengan presentase 96%. Hasil Angket
Siklus I dengan skor total 542 dengan presentase 68% sedangkan Siklus II skor total
754 dengan presentase 94%. Pembelajaran lari cepat menggunakan metode bermain
kid atletik sudah mampu mendorong aktivitas belajar penjasorkes dan telah
memenuhi indikator keberhasilan
Tidak tersedia versi lain