Text
Analisis Penggunaan Kalimat Efektif dan Tidak Efektif pada Teks Narasi Siswa Kelas VII MTS Nurul Iman Camplong, Sampang
Kata Kunci :Kalimat Efektif, Kalimat Tidak Efektif, Teks Narasi
Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan kalimat efektif pada teks
narasi yang dibuat oleh siswa MTs Nurul Iman Camplong. Kalimat efektif
merupakan kalimat yang mampu menyampaikan gagasan dari penulis sehingga
dapat menimbulkan gagasan yang sama di benak pembacanya. Mengingat
penggunaan kalimat sangat penting dalam suatu karya tulis, maka pada
kesempatan kali ini peneliti tertarik mengadakan penelitian ini. Menilik dari
pemaparan latar belakang tersebut , fokus penelitian yang akan diteliti oleh
peneliti adalah sebagai berikut : Pertama, Bagaimana penggunaan kalimat efektif
pada teks narasi siswa kelas VII MTs Nurul Iman Camplong Sampang
berdasarkan ciri-ciri kalimat efektif dan tidak efektif dari segi kesatuan,?, Kedua,
Bagaimana penggunaan kalimat efektif dan tidak efektif pada teks narasi siswa
kelas VII MTs Nurul Iman Camplong Sampang berdasarkan ciri-ciri kalimat
efektif dari segi kehematan?, Ketiga, Bagaimana penggunaan kalimat efektif dan
tidak efektif pada teks narasi siswa kelas VII MTs Nurul Iman Camplong
Sampang berdasarkan ciri-ciri kalimat efektif dari segi penekanan ?, Keempat,
Bagaimana penggunaan kalimat efektif dan tidak efektif pada teks narasi siswa
kelas VII MTs Nurul Iman Camplong Sampang berdasarkan ciri-ciri kalimat
efektif dari segi kevariasian ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian
lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks narasi yang ditulis oleh
siswa kelas VII MTs Nurul Iman Camplong di Sampang. Prosedur pengumpulan
data peneliti menggunakan prosedur dokumentasi. Sedangkan pengecekan
keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan
ketekunan, dan menggunkan bahan referensi.
Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan:
Pertama, dari 22 teks narasi yang buat oleh siswa, terdapat 10 kalimat tidak
efektif yang ditinjau berdasarkan ciri-ciri kalimat efektif dari segi kesatuan.
Kedua, terdapat 9 kalimat tidak efektif dari 22 teks narasi yang ditinjau
berdasarkan ciri-ciri kalimat efektif dari segi kehematan. Ketiga, ditinjau
berdasarkan ciri-ciri kalimat efektif dari segi penekanan terdapat 8 kalimat yang
menggunakan penegasan dalam teks narasi yang dibuat oleh siswa. Keempat,
ditinjau berdasarkan ciri-ciri kalimat efektif dari segi kevariasian terdapat 3
kalimat yang menggunakan kevariasian kalimat dalam teks narasi yang dibuat
oleh siswa
Tidak tersedia versi lain