Text
Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Materi Kenampakan Alam Menggunakan Metode Demonstrasi Dengan Media Visual Pada Siswa Kelas V di SD Negeri Panempan 1 Pamekasan
Kata Kunci: Pemahaman, Kenampakan Alam, Metode Demonstrasi, Media
Visual.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap
materi kenampakan alam. Hal itu terjadi karena proses pembelajaran yang
cenderung pasif serta penggunaan media pembelajaran yang tidak dapat menarik
perhatian siswa dalam pembelajaran menyebabkan siswa tidak mendapatkan
pemahaman secara optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui
penerapan metode demonstrasi dan media visual dalam meningkatkan pemahaman
materi kenampakan alam di Indonesia pada kelas V di SD Negeri Panempan 1
Pamekasan dan (2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa terhadap
materi kenampakan alam dengan menggunakan metode demonstrasi dam media
visual pada siswa kelas V SD Negeri Panempan 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan model penelitian Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahap yaitu, tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Panempan 1 Pamekasan tahun
pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 10 yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan
2 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu melalui teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. KKM untuk mata
pelajaran Tematik di kelas V SD Negeri Panempan 1 Pamekasan adalah 70.
Penerapan metode demonstrasi dan media visual pada penelitian ini yaitu:
1) Guru mempersiapkan media visual yang diperlukan, 2) Guru menjelaskan
rencana pembelajaran, 3) Guru mendemonstrasikan materi kenampakan alam
secara perlahan dan jelas dibantu media visual yang sudah disiapkan, 4) Guru
menugaskan siswa untuk mendemonstrasikan ulang materi kenampakan alam
secara perlahan dan mandiri, 5) Guru memberikan latihan sesuai buku Tematik, 6)
Siswa maju ke depan kelas untuk menyampaikan hasil pekerjaan secara lisan, 7)
Guru memberikan kesimpulan tentang materi yang sudah dipelajari, 8) Evaluasi
dan Penutup. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode
demonstrasi dan media visual dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi
kenampakan alam di Indonesia pada kelas V SD Negeri Panempan 1 Pamekasan.
Hal ini dapat dibuktikan dari data ketuntasan aktivitas siswa, data ketuntasan hasil
belajar siswa, persentase ketuntasan aktivitas siswa, dan persentase ketuntasan hasil
belajar siswa pada Prasiklus, Siklus I, dan Siklus II. Prasiklus diperoleh nilai 405,
444, dengan persentase ketuntasan sebesar 10%. Naik pada Siklus I dengan nilai
625, 612, dengan persentase ketuntasan sebesar 40%. Dan naik lagi pada Siklus II
dengan nilai 840, 748, dengan persentase ketuntasan sebesar 80%. Sehingga dari
hasil tersebut dapat dinyatakan berhasil karena telah memenuhi indikator
keberhasilan penelitian.
Tidak tersedia versi lain