Text
Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Seni Rupa pada Mata Pelajaran SBdP Siswa Kelas V di SDN Teja Timur 2 Pamekasan
Kata Kunci: Kreativitas, Seni rupa
Penelitian ini membahas tentang Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam
Pembelajaran Seni Rupa pada Mata Pelajaran SBdP Siswa Kelas V di SDN Teja
Timur 2 Pamekasan yang masih kurang dalam meningkatkan kreativitasnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam
mengekspresikan kreativitasnya.
Adapun penelitian ini memiliki dua fokus penelitian yang menjadi
pembahasan pokok sebagai berikut: Pertama, bagaimana cara meningkatkan
kreativitas siswa dalam pembelajaran seni rupa pada mata pelajaran SBdP siswa
kelas V di SDN Teja Timur 2 Pamekasan. Kedua, bagaimana hasil dari
meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran seni rupa pada mata pelajaran
SBdP siswa kelas V di SDN Teja Timur 2 Pamekasan.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif deskriptif. Sumber yang di peroleh melalui wawancara semi terstruktur,
observasi, dan dokumentasi. Yang menjadi informan adalah kepala sekolah, guru
kelas, dan siswa kelas V. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
triangulasi sumber dan metode.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, guru memberikan
sistem pembelajaran yang baru sesuai dengan RPP yang sudah di buat, agar siswa
lebih kreatif lagi dalam melakukan praktek seni rupa. Karena mata pelajaran SBdP
sendiri membutuhkan imajinasi dan kreativitas yang tinggi, sehingga sesuai dengan
hasil yang diinginkan oleh guru. guru memberikan upaya penuh terhadap siswa
dengan menggunakan perencanaan pembelajaran yang efektif, menyiapkan media
pembelajaran, juga memberikan tempat belajar yang nyaman agar pembelajaran
berlangsung secara efektif dan kondusif. Pembelajaran yang menarik juga menjadi
pendukung dalam meningkatkan kreativitas siswa. Kedua, Jika dibandingkan
dengan sebelum meningkatkan kreativitas siswa dengan sesudahnya, siswa kelas V
di SDN Teja Timur 2 Pamekasan memperlihatkan perubahan yang jauh lebih baik.
Artinya bisa dikatakan meningkatkan kreativitas siswa ini berhasil. Siswa mampu
lebih berkonsentrasi, aktif, dan kreatif, dengan adanya meningkatkan kreativitas
tersebut. Siswa juga mampu memberikan karya-karya seni rupa yang sebelumnya
belum pernah mereka lakukan, sehingga sangat jelas dampak dari upaya tersebut.
Imajinasi siswa kelas V menjadi lebih bisa diekspresikan dengan mudah dan
dipahami oleh guru
Tidak tersedia versi lain