Text
Problematika Siswa Kelas X Dalam Menulis Puisi di MA Al-Ula Tahun Pelajaran 2021-2022
Kata Kunci: Problematika, Menulis Puisi Siswa
Menulis puisi merupakan salah satu kemampuan sastra yang harus
dikuasai siswa. Mempunyai kemampuan menulis puisi akan tetapi, tidak semudah
yang dibayangkan. Rintihan atas kemampuan menulis puisi siswa masih jauh dari
standart. Beraneka ragam sudut pandang siswa yang mempengaruhi kemampuan
menulis puisi diantaranya kurangnya kosa kata siswa, kurang mampu
mengembangkan ide dalam bentuk tulisan, kurangnya motivasi dalam belajar,
dan siswa kurang mampu menulis puisi. Dalam menulis puisi, semestinya siswa
memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi agar puisi yang dibuat sesuai
dengan aturannya dan supaya lebih berbobot. Melainkan apabila siswa tidak
mampu menulis puisi dengan memanfaatkan unsur-unsur pembangun puisi bisa
jadi karena adanya permasalahan yang membuat siswa merasa kesulitan.
Penelitian ini di fokuskan pada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok. Pertama Bagaimana bentuk problematika yang dihadapi siswa kelas X
dalam menulis puisi di MA Al-Ula. Kedua Bagaimana solusi dalam menulis puisi
kelas X di MA Al-Ula.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai penelitian yang
deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kelas X MA Al-Ula dan peneliti
instrumennya, sedangkan pengumpulan data, peneliti menggunakan tiga
prosedurya itu observasi, wawancara dan dokumentasi. Informannya adalah siswa
dan guru bahasa Indonesia. Sedangkan pengecekakan keabsahan data dilakukan
melauli keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian pada Skripsi ini menunjukkan bahwa, Pertama bentuk
problematika dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat permasalahan dalam
menentukan diksi. 2) terdapat permasalahan dalam wujud visual puisi. 3) terdapat
permasalahan dalam menentukan suasana hasil karya tulisan puisi siswa. 4)
terdapat permasalahan dalam penggunaan bahasa figuratif. 5) terdapat
problematika dalam rima. 6) Problematika dalam menentukan tema. 7)
Problematika dalam menentukan amanat. Sedangkan Kedua solusi dalam menulis
puisi, dapat disimpulkan bahwa dengan memilih variasi pembelajaran yaitu
variasi media audio visual.
Tidak tersedia versi lain