Text
Peran Guru Dan Orang Tua Sebagai Motivator Dalam Meningktkan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SDN Bangkes I Kec. Kadur. Kab. Pamekasan
Kata Kunci: Motivator, Prestasi Belajar
Penelitian ini membahas tentang Peran Guru Dan Orang Tua Sebagai
Motivator Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SDN Bangkes I
Ke. Kadur Kab. Pamekasan yang masih kurang diterapkan, penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh peran guru dan orang tua
sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Adapaun penelitian ini memiliki dua fokus penelitian yang menjadi
pembahasan pokok sebagai berikut: pertama Bagaimana peran guru dan orang tua
sebagai motivator untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SDN
Bangkes I Kec. Kadur Kab. Pamekasan. Kedua Faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi peran guru dan orang tua sebagai motivator untuk meningkatkan
prestasi belajar siswa kelas III SDN Bangkes I Kec. Kadur Kab. Pamekasan.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara terbuka,
observasi dan dokumentasi. Yang menjadi informan adalah kepala sekolah, guru
kelas, wali siswa dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui triangulasi metode dan sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, peran guru dan
orang tua sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi belajar siswa sangat
penting dan berpengaruh dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa.
Beragam cara guru untuk memberikan motivasi kepada siswa yaitu; bisa dengan
memberikan hadiah atau pujian bagi siswa yang mempunyai nilai yang bagus,
guru membuat suasana pembelajaran yang menyenangkan di dalam kelas.
Sedangkan orang tua dalam pemberian motivasi kepada anaknya dengan cara
mengawasi anak ketika belajar di rumah, memberikan hadiah, dan juga dengan
nasehat. Kedua faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru dan orang tua
sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi belajar siswa ada dua yaitu faktor
pendukung dan penghambat. Faktor pendukung guru dalam memberikan motivasi
kepada siswa tidak lain dikarenakan faktor tanggung jawab dan tugas guru dan
tentunya lagi didukung oleh sarana dan prsarana yang di sediakan oleh sekolah.
Faktor pendukung orang tua yaitu dikarenakan kewajiban orang tua. Sedangkan
faktor penghambat dalam pemberian motivasi kepada siswa dikarenakan waktu
pembelajaran yang singkat dan kemampuan daya ingat siswa yang berbeda,
sedangkan faktor penghambat orang tua yaitu kesibukan orang tua bekerja dan
anak yang lebih suka bermain
Tidak tersedia versi lain