Text
Peran Budaya Madrasah dalam Pembentukan Karakter Siswa di MTs Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan
Kata Kunci: Budaya Madrasah, Pembentukan Karakter
Budaya madrasah menjadi ciri khas dari suatu sekolah yang berisi norma,
aturan, tradisi yang dilakukan oleh seluruh waega sekolah. Budaya sekolah sebagai
salah satu bentuk dari implementasi pembentukan karakter. Budaya sekolah/
madrasah sangatlah berperan penting dalam mengoptimalkan pembentukan
karakter siswa melalui adanya budaya madrasah yang menarik dan di sukai oleh
siswa akan lebih mudah menarik minat siswa melakukan kegiatan yang bernilai
positif sehingga berperan dalam membentuk karakter siswa yang baik. Budaya
sekolah/ madrasah sangat memberi pengaruh cukup besar bagi pembentukan
karakter.
Berdasarkan hal tersebut, terdapat dua fokus penelitian yang menjadi
pembahasan pokok sebagai berikut: Pertama, bagaimana gambaran budaya
sekolah/ madrasah di MTs Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan. dan
Kedua, bagaimana peran budaya sekolah/ madrasah dalam membentuk karakter
siswa di MTs Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi non partisipan,
wawancara semi struktur, dan dokumentasi. Adapun informasi diperoleh dari
kepala sekolah, beberapa guru dan beberapa siswa di MTs Hidayatun Najah.
Peneliti mengecek keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan, dan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, gambaran budaya
sekolah/ madrasah di MTs Hidayatun Najah sangat beragam. Adapun bentuk
budaya madrasah yang sampai saat ini tetap diaktualisasikan di MTs Hidayatun
Najah salah satunya adalah pelaksanaan kegiatan sholat dhuha berjemaah yang
dilakukan oleh seluruh siswa di lembaga sekolah ini, kemudian pelaksanaan
kegiatan ekstrakulikuler pramuka beserta pelaksanaan upacara hari senin.
Kemudian kegiatan rutinitas mingguan seperti senam Bersama dilaksanakan guna
mempermudah penanaman pendidikan karakter peserta didik. Kedua, budaya
sekolah/ madrasah berperan dalam membentuk karakter siswa di MTs Hidayatun
Najah dibuktikan dengan pembiasaan budaya sekolah yang senantiasa dilakukan
sampai saat ini, dimana aspek cakupan karakter tersebut mencangkup karakter
religius melalui kegiatan sholat dhuha berjemaah, dzikir dan baca surah yasin
bersama, karakter nasionalisme melalui pembiasaan kegiatan upacara bendera
setiap hari senin serta pengoptimalan kegiatan pramuka ditujukan agar siswa dapat
memiliki rasa cinta kepada tanah air, karakter jujur disiplin dan juga bertanggung
jawab melalui guru yang memotivasi peserta didik dalam melakukan hal-hal baik
yang turut mendukung penanaman pendidikan karakter siswa
Tidak tersedia versi lain