Text
Analisis Gaya Belajar dan Pola Bermain Siswa terhadap Hasil Belajar Kelas IV-A di SDN Kolpajung 2
Kata Kunci: Gaya Belajar, Pola Bermain, Hasil Belajar
Gaya belajar dan pola bermain merupakan salah satu faktor belajar yang
penting terhadap hasil belajar. Setiap siswa tentu memiliki keunikan yang berbeda
gaya belajar dan pola bermainnya. Keunikan tersebut menunjukkan cara terbaik
siswa untuk memahami informasi yang diterima. Siswa sebaiknya mampu
mengenali gaya belajar dan pola bermainnya, begitu pula guru diharapkan
memahami bagaimana gaya belajar dari masing-masing siswa serta mengenali
bagaimana bentuk bermain yang dilakukan siswa agar proses pembelajaran dapat
berjalan efektif dan hal ini sebagai bentuk upaya guru dalam meningkatkan hasil
belajar siswa.
Berdasarkan hal tersebut, terdapat dua fokus penelitian yang menjadi
pembahasan pokok sebagai berikut: Pertama bagaimana gaya belajar dan pola
bermain siswa kelas IV-A di SDN Kolpajung 2. dan Kedua bagaimana hasil analisis
gaya belajar dan pola bermain siswa terhadap hasil belajar kelas IV-A di SDN
Kolpajung 2.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif analisis. Sumber data yang diperoleh melalui observasi non partisipan,
wawancara semi struktur, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Adapun informasi
diperoleh dari kepala sekolah SDN Kolpajung 2, guru kelas IV-A, dan seluruh
siswa kelas IV-A. Peneliti mengecek keabsahan data melalui ketekunan
pengamatan dan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, siswa kelas IV-A
memiliki tiga tipe gaya belajar yakni gaya belajar visual yang mengandalkan
penglihatan, gaya belajar auditori yang mengandalkan pendengaran, dan gaya
belajar kinestetik yang mengandalkan gerakan tubuh. Di kelas IV-A didominasi
siswa dengan gaya belajar auditori. Sedangkan mengenai pola bermain siswa kelas
IV-A memiliki pola bermain aktif seperti bermain bersama teman, sedangkan
bermain pasif hanya menjadi hiburan bagi siswa dengan melihat teman bermain.
Dari keseluruhan siswa kelas IV-A didominasi siswa yang memiliki pola bermain
aktif. Kedua, gaya belajar dan pola bermain berpengaruh terhadap hasil belajar
siswa. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa siswa yang memiliki gaya belajar
kinestetik dengan pola bermain aktif mendapatkan hasil belajar sangat baik.
Kemudian siswa yang memiliki gaya belajar auditori dengan pola bermain pasif
hasil belajaranya sama dengan siswa yang memiliki gaya belajar visual dengan pola
bermain pasif yaitu baik. Sedangkan siswa yang memiliki gaya belajar auditori
dengan pola bermain aktif mendapatkan hasil belajar cukup
Tidak tersedia versi lain