Text
Peran Pendidikan Orang Tua Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Kedisisplinan Belajar
Penelitian ini membahas tentang Peran Pendidikan Orang Tua dalam Meningkatkan
Kedisisplinan Belajar Siswa di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan yang saat ini penting
bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisisplinan belajar siswa di SDI
Matsaratul Huda Panempan Pamekasan.Adapun penelitian ini memiliki dua fokus penelitian
yang menjadi pembahasan pokok sebagai berikut: Pertama, bagaimana gambaran kedisiplinan
belajar siswa di SDI Matsartul Huda Panempan Pamekasan?. Kedua, bagaimana peran
pendidikan orang tua dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SDI Matsaratul Huda
Panempan Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif
deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara tidak terstruktur, observasi, dan
dokumentasi.Yang menjadi informan adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik, serta orang
tua. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, gambaran kedisiplinan yaitu guru
disekolah bukan hanya memberikan tugas, tetapi juga memberikan semangat dan nasehat untuk
kedisiplinan belajar siswa disekolah. Bukan hanya guru saja tetapi orang tua juga bisa
memberikan supprot, perhatian, semangat yang lebih tinggi terhadap siswa atau anak tentunya
agar anak menjadi lebih giat dalam proses belajar maupun kedisiplinan belajar baik dari skilnya
atau dari peralatannya. Kedua, dalam peran pendidikan orang tua itu sangat penting bagi anak
atau siswa, dari rasa kepeduliannya dan juga rasa sayangnya juga sangat penting bagi
perkembangan kedisplinan belajar anak atau siswa baik secara lisan maupun secara perlakuan
orang tua terhadap anak. Dan peran pendidikan orang tua itu sangat berpengaruh tergantung
lingkungannya. Setinggi apapun pendidikannya jika dalam proses kedisiplinan anak atau siswa
tidak diperhatikan maka sisi negatif yang diperoleh begitu juga sebaliknya. Bahkan dari siswa
juga menginginkan perhatian, dan suprot dari orang tua mereka masing-masing agar giat dan
semangat dalam menjalankan proses pembelajaran didalam kelas atau di luar kelas serta dirumah
masing-masing, karena perhatian orang tua sangat berarti bagi mereka. Peran pendidikan orang
tua tentulah sangat penting bagi meningkatkan kedisiplinan belajar siswa, baik kedisiplinan
belajarnya dirumah maupun disekolah. Tentu di hasil wawancara tersebut ada hal positif dan
negatifnya bagi siswa. Dari sisi negatifnya jika orang tua kurang dalam pendidikan atau dalam
kedisiplinan, itu akan menyebabkan malasnya siswa dalam kedisiplinan belajar dirumah dan
disekolah bahkan sebaliknya dari sisi positif
Tidak tersedia versi lain