Text
Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Untuk Meningkatkan Lingkungan Pembelajaran Yang Efektif Di Smk AnNasyiin Grujugan Larangan Pamekasan
Kata Kunci: Strategi Guru, Pengelolaan Kelas dan Pembelajaran
SMK An-Nasyiin Grujugan Pamekasan sebagai salah satu sekolah
menengah kejuruan yang berstatus swastamenjadi inovasi serta perkembangan
peningkatan dalam penyelenggaraan pembelajaran dan pendidikan. Salah satu
inovasi yang dilakukannya adalah pengelolaan kelas yang baik. Guru memiliki
andil yang sangat besar terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah. Guru
sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mencapai
tujuan hidupnya secara optimal.
Dalam penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian, pertama perencanaan
strategi guru dalam pengelolaan kelas guna meningkatkan lingkungan
pembelajaran yang efektif di SMK AN-Nasyiin Grujugan Larangan Pamekasan;
kedua, pelaksanaan strategi guru dalam pengelolaan kelas guna meningkatkan
lingkungan pembelajaran yang efektif di SMK AN-Nasyiin Grujugan Larangan
Pamekasan; dan ketiga, kendala guru dalam pengelolaan kelas guna meningkatkan
lingkungan pembelajaran yang efektif di SMK AN-Nasyiin Grujugan Larangan
Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian
deskriptif. Informannya adalah kepala sekolah SMK AN-Nasyiin Grujugan
Larangan Pamekasan, WAKA kesiswaaan, WAKA kurikulum, beberapa guru
mata pelajaran dan siswa. Metode pengecekan keabsahan data diperoleh dengan
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Sedangkan
tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti dalam menganalisis data
diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, a) Pengelolaan siswa
selalu dilakukan oleh guru-guru di SMK An-Nasyiin Grujugan Larangan
Pamekasan mana yang aktif dan mana yang pasif agar disamaratakan. b) Guru
selalu menyiapkan berbagai metode/cara dalam mengelola kelas dan
pembelajaran; c) Memberikan motivasi pada setiap siswa sebelum memulai
pembelajaran. Kedua, Penataan ruang kelas di SMK An-Nasyiin Grujugan
Larangan Pamekasan cukup baik.Ketiga,Kendala guru:1) Kurangnya fasilitas
sarana dan prasarana di sekolah;3) Kurangnya inovasi dan kreasi beberapa guru
dalam mengelola kelas sehingga terdapat keterbatasan dalam melaksanakan
pembelajaran. Selanjutnya saran dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru
untuk senantiasa dapat meningkatkan pengelolaan kelas lebih baik lagi
Tidak tersedia versi lain